Analisis Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah Produk Mulia Arisan di Pt. Pegadaian Cabang Cilacap

Alifia, Nurfaizah (2023) Analisis Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah Produk Mulia Arisan di Pt. Pegadaian Cabang Cilacap. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alifia Nurfaizah_Analisis Strategi Integrated Marketing Communication (Imc) Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah Produk Mulia Arisan di Pt. Pegadaian Cabang Cilacap.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan sikap masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya investasi emas, semakin tinggi minat masyarakat berinvestasi emas disebabkan karena harga emas yang semakin naik setiap tahunnya. Salah satu perusahaan non bank yang memfasilitasi investasi emas adalah PT. Pegadaian Cabang Cilacap yaitu dengan mengeluarkan program berupa Mulia Arisan. Untuk mempertahankan loyalitas nasabah Mulia Arisan, PT. Pegadaian Cabang Cilacap menerapkan strategi pemasaran berupa Integrated Marketing Communication (IMC). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis atau menggali pemahaman mengenai elemen-elemen pemasaran IMC dalam mempengaruhi loyalitas nasabah Mulia Arisan di. PT Pegadaian Cabang Cilacap. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara secara mendalam terhadap pimpinan cabang, manager marketing dan nasabah setia PT. Pegadaian Cabang Cilacap. Selain itu peneliti juga melakukan observasi dan pengumpulan dokumen untuk menganalisis serta mendapatkan informasi bagiamana pemasaran IMC dapat mempertahankan loyalitas nasabah. Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi elemen IMC yang dapat memotivasi nasabah untuk tetap loyal terhadap PT. Pegadaian Cabang Cilacap, seperti penggunaan personal selling, direct marketing, sales promotion, advertising, dan public relation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi IMC yang diterapkan di PT. Pegadaian Cabang Cilacap dapat memberikan peran yang signifikan dalam mempertahankan loyalitas nasabah Mulia Arisan. Strategi IMC yang terkoordinasi dan konsisten yang dilakukan oleh PT. Pegadaian Cabang Cilacap memberikan pesan yang kuat dan respon yang positif dari kalangan nasabah Mulia Arisan. Penggunaan strategi IMC ini menciptakan nasabah Mulia Arisan yang memiliki kategori loyalitas tinggi hal ini dibuktikan dengan nasabah melakukan pembelian produk Mulia Arisan PT. Pegadaian Cabang Cilacap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mulia Arisan, Metode Penelitian, Loyalitas
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga Kredit dan Pinjaman
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Alifia Nurfaizah sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:17
Last Modified: 25 Oct 2023 01:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22097

Actions (login required)

View Item View Item