Pengaruh Literasi Zakat, Pendapatan, dan Reputasi Terhadap Minat Membayar Zakat Tijarah Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus Pedagang Muslim di Pasar Wage Purwokerto)

Muhyi, Fadil (2023) Pengaruh Literasi Zakat, Pendapatan, dan Reputasi Terhadap Minat Membayar Zakat Tijarah Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus Pedagang Muslim di Pasar Wage Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUHYI FADIL_Pengaruh Literasi Zakat, Pendapatan dan Reputasi Terhadap Minat Membayar Zakat Tijarah Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus Pedagang Muslim di Pasar Wage Purwokerto).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Zakat tijarah adalah zakat yang dikenakan kepada harta perniagaan yang ditujukan untuk diperjualbelikan agar memperoleh keuntungan. Sektor perdagangan merupakan salah satu penopang ekonomi di Indonesia. Zakat tijarah secara nasional mempunyai potensi yang besar mengingat sebagian masyarakat Indonesia masih menggantungkan kehidupanya pada sektor ini. Permasalah zakat yang ditemui di Indonesia adalah adanya kesenjangan antara potensi zakat dan realisasi penerimaanya. Faktor yang mempengaruhi kurangnya realisai zakat di Indonesia adalah karena kurangnya minat membayar zakat, hal ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya: Ketidaktahuan masyarakat mengenai kewajiban membayar zakat, tingkat pendapatan dan reputasi lembaga zakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor literasi zakat, pendapatan dan reputasi lembaga zakat mempunyai pengaruh terhadap minat pedagang tradisional Pasar Wage Purwokerto untuk membayar zakat tijarah. Sampel dalam penelitian ini adalah 90 responden pedagang muslim. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian regresi ordinal dan pengolahan data dengan menggunakan SPSS versi 16. Hasil penelitian dengan analisis rank spearman menghasilkan korelasi literasi zakat (0,707), pendapatan (0,572), dan reputasi (0,730) dengan nilai sig. 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini faktor literasi zakat, pendapatan dan reputasi secara parsial berpengaruh terhadap minat membayar zakat tijarah pedagang pasar tradisional. Hasil Konkordansi Kendall W menunjukkan hasil sebesar 0,982 yang membuktikan korelasi antara literasi zakat, pendapatan dan reputasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat membayar zakat tijarah. Pengujian regresi ordinal menunjukkan secara simultan faktor literasi zakat, pendapatan dan reputasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat membayar zakat tijarah pedagang di Pasar Wage Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Zakat, Pendapatan, Reputasi, Minat Membayar Zakat Tijarah
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.142 Zakat Mal (Ternak, Emas, Perak, Uang, Perniagaan)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Muhyi Fadil sdr
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:15
Last Modified: 25 Oct 2023 01:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22091

Actions (login required)

View Item View Item