DAKWAH MILENIAL MELALUI MEDIA SOSIAL (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

Diah Widya, Amelia (2023) DAKWAH MILENIAL MELALUI MEDIA SOSIAL (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Diah Widya Amelia_Dakwah Milenial Melalui Media Sosial (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce pada Akun Instagram @heisabil_).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dakwah merupakan kegiatan mengajak untuk beriman kepada Allah Swt salah satunya dengan menyebarkan kebaikan. Berdakwah bukan hanya melalui catatan dan buku, akan tetapi bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial untuk berdakwah. Di sisi pembahasan lain, peneliti menemukan dan memilih akun @heisabil_ sebagai salah satu akun dakwah dengan konten-konten berupa desain ilustrasi visual yang kreatif di era milenial serta akun @heisabil_ bisa menerapkan sebagaimana fungsi utama media sosial adalah untuk memberikan informasi, mendidik, mempengaruhi dan menghibur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana akun @heisabil_ mengemas pesan dakwah di era saat ini melalui instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode ini didukung dengan analisis semiotika visual dari Charles Sanders Peirce untuk mengetahui pengelolaan dan pengemasan desain ilustrasi yang mengandung makna dan arti dalam pesan dakwah yang disampaikan. Hasil dari penelitian ini bahwa akun @heisabil_ memiliki tujuan syiar agama yang sangat mulia dengan pengemasan pesan dakwah melalui desain ilustrasi yaitu kartun, pelaku dakwah ini menciptakan inovasi dan kreativitas desain untuk menyebarkan nilai Islam yang memiliki nilai estetika dan unik dipadukan dengan penulisan kata serta warna-warna yang memanjakan mata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Media Sosial, Desain Visual
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Diah Widya Amelia
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:14
Last Modified: 25 Oct 2023 01:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22083

Actions (login required)

View Item View Item