Pesan Dakwah dalam Webtoon "Ngopi Yuk!" Karya Assyifa S Arum dan Romy Hernadi (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Mutmainah, Mutmainah (2023) Pesan Dakwah dalam Webtoon "Ngopi Yuk!" Karya Assyifa S Arum dan Romy Hernadi (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Mutmainah_Pesan Dakwah dalam Webtoon Ngopi Yuk! Karya Assyifa S. Arum Dan Romy Hernadi (Analisis Semiotika Charles Sanders).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dakwah selama ini selalu identik dengan ceramah melalui lisan. Akan tetapi, di zaman sekarang, pesan dakwah harus bisa dikemas dengan semenarik mungkin. Adanya perkembangan teknologi yang pesat, para pendakwah harus bisa mengikuti dan memanfaatkannya dengan sekreatif mungkin. Salah satunya yaitu melalui media komik. Ngopi Yuk! adalah salah satu judul komik yang ada di LINE Webtoon atau sebuah platform penerbitan komik digital bagi para komikus. Komik Ngopi yuk bercerita mengenai sebuah keseharian kedai kopi milik Pak Gundul, dimana setiap pengunjung yang datang dari aneka macam profesi, sifat, latar belakang dan status sosial dengan membawa cerita dan keunikannya masing-masing. Pengemasan alur cerita yang menarik dengan dibalut beberapa pesan dakwah, agar menarik minat para pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan-pesan dakwah yang terkandung dalam komik Ngopi Yuk!. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data menggunkan pengamatan dan dokumentasi. Peneliti memperoleh data dengan mengambil sepuluh episode yang ada dalam komik Ngopi Yuk! yang telah dipilah sebelumnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika model Charles Sanders Peirce, yaitu dengan melihat tanda, tipe tanda (ikon, indeks, simbol), objek dan interpretasi. Tanda-tanda tersebut bertujuan untuk menghasilkan sebuah makna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah, LINE Webtoon, Komik Ngopi Yuk!, Semiotika.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mut Mainah sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:12
Last Modified: 25 Oct 2023 01:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22076

Actions (login required)

View Item View Item