ANALISIS PENGETAHUAN PELAKU USAHA TENTANG SERTIFIKASI HALAL DALAM PROSES PRODUKSI (STUDI KASUS SHEN-SHEN DRINK SUMBANG BANYUMAS)

Muhammad, Kholid A Abdul Fattah (2023) ANALISIS PENGETAHUAN PELAKU USAHA TENTANG SERTIFIKASI HALAL DALAM PROSES PRODUKSI (STUDI KASUS SHEN-SHEN DRINK SUMBANG BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Muhammad Kholid A Abdul Fattah 1917201204.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia lembaga yang menangani Sertifikasi halal yaitu BPJPH dan LPPOM MUI sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). Dalam kegiatan usaha Pemerintah mengatur dalam undang-undang no 33 tahun 2014 bahwa mewajibkan seluruh pelaku usaha memiliki sertifikat halal. Akan tetapi dalam kenyataannya masih banyak UMKM yang kurang sadar akan pengetahuan sertifikasi halal. Di tengah umkm yang sebagian besar tidak sadar akan pentingnya sertifikat halal, shen-shen drink merupakan salah usaha minuman lokal di daerah Sumbang yang sudah memiliki sertifikat halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui impelemntasi pengetahuan sertifkasi halal pelaku usaha pada proses produksi. Shen-shen drink menjadi objek penelitian kami yang telah berdiri sejak 2021 terletak di desa sumbang banyumas. Penelitian ini mengunakan penelitian lapangan (field research), dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulan data dengan wawancara kepada pelaku usaha, melakukan observasi proses produksi, dan dokumentasi kegiatan usaha, sertifikat halal, serta tempat usaha shen-shen drink. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan atau verifikasi. Untuk uji keabsahan data yakni menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaku usaha mendapatkan pengetahuan sertifikasi halal melalui pengalaman kerja dan Pendamping halal mahasiswa UIN SAIZU Purwokerto. Walau bukan dari pendidikan formal, pelaku usaha sudah menerapkan seuruh proses produksi sesuai dengan ajaran Islam. Yaitu dengan menggunakan bahan-bahan yang halal secara zatnya. Serta dalam pengolahannya (proses produksi) pada rangkaian kegiatan sudah menjamin kehalalan produk mencakup penyediaan bahan, pengolahan, penyimpanan, pengemasan, dan penyajian produk. Bedasarkan teori pengetahuan pelaku usaha hal ini masuk kedalam indikator pengetahuan ketiga yaitu pengaplikasian (aplication). Kata Kunci : Pengetahuan Pelaku Usaha, Sertifikasi Halal, Proses Produksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Pelaku Usaha, Sertifikasi Halal, Proses Produksi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad kholid abiyu Abdul Fattah sdr
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:11
Last Modified: 25 Oct 2023 01:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22070

Actions (login required)

View Item View Item