LAYANAN BIMBINGAN KARIR UNTUK PENGEMBANGAN DIRI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 KEDUNGREJA KABUPATEN CILACAP

Wasilatul Hidayatul, Laeli (2023) LAYANAN BIMBINGAN KARIR UNTUK PENGEMBANGAN DIRI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 KEDUNGREJA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Wasilatul Hidayatul Laeli_Layanan Bimbingan Karir Untuk Pengembangan Diri Kelas XII SMA Negeri 1 Kedungreja Kabupaten Cilacap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masa remaja tengah dimulai pada usia 15 sampai 18 tahun, dimana masa ini remaja memasuki Sekolah Menengah Atas (SMA). Remaja atau peserta didik akan mengalami masa perkembangan pada fisik, psikis, dan biologis dalam dirinya. Maka dari itu sebuah bimbingan sangat diperlukan bagi peserta didik. Salah satunya yaitu dengan melakukan layanan bimbingan karir yang akan berpengaruh dalam perkembangan dan pertumbuhan mereka dengan baik. Dalam layanan bimbingan karir di SMA Negeri 1 Kedungreja Cilacap, para guru BK membimbing peserta didik dalam membekali bimbingan karir sejak kelas X. SMA N 1 Kedungreja Cilacap menerapkan layanan bimbingan karir yang di lakukan oleh Ibu Suparmi selaku guru bimbingan konseling yang menerapkan layanan karir pada saat jam pelajaran bimbingan konseling dimulai pada masing-masing kelas, karena dari sekolah memiliki sasaran sebelum lulus dari SMA N 1 Kedungreja Kabupaten Cilacap peserta didik sudah mendapatkan banyak pengetahuan tentang karir, pada bimbingan karir memili banyak manfaat bagi pengembangan diri yang baik untuk peserta didik seperti mempunyai kemantapan dalam memilih karir, berani mengambil keputusan karir sendiri dan tidak ragu dalam memilih karir. Maka dari itu diperlukan adanya penelitian mengenai layanan bimbingan karir untuk pengembangann diri siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Kedungreja Cilacap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses bimbingan Karir pada Pengembangan Diri Siswa Kelas XII dan faktor-faktor yang mempengaruhi serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Untuk menggali data peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripsi, dalam penelitian ini diawali dengan adanya masalah terhadap peserta didik kemudian ditarik dalam suatu kesimpulan. Kemudian peneliti melakukan wawancara dengan tujuh peserta didik dari kelas XII untuk menggali informasi. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kualitatif, dan model data yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman yang mencakup dalam reduksi data, menyajian data dan kesimpulan. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa peserta didik kelas XII mampu dalam memantapkan karir, memilih karir sesuai dengan kemampuan, dan berani mengambil keputusan karir untuk diri sendiri. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Karir, Pengembangan Diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Karir, Pengembangan Diri
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3304 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Wasilatul Hidayatul Laeli sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:09
Last Modified: 25 Oct 2023 01:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22062

Actions (login required)

View Item View Item