ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF NU KARANGNANGKA PURBALINGGA

Nur, Laeli Muzayana (2023) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF NU KARANGNANGKA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NUR_LAELI_MUZAYANA_ANALISIS_KESALAHAN_PENGGUNAAN_HURUF_KAPITAL_DAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA PADA PEMB Bahasa indonesia merupakan suatu alat komunikasi, agar manusia dapat berinteraksi dengan sesama, dan menyampaikan ide yang ada dalam pikiran. Penggunaan huruf kapital dan tanda baca merupakan aturan yang sangat penting untuk diperhatikan siswa. Permasalahan ejaan dan tanda baca acap kali dipandang sebagai permasalahan yang sepele. Namun, dalam praktiknya masih banyak terjadi kesalahan, seperti tidak menggunakan huruf kapital pada awal kalimat, tidak menggunakan tanda titik di akhir kalimat dan pada saat penulisan nama tidak menggunakan huruf kapital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada pembelajaran bahasa indonesia yaitu pada teks fiksi siswa kelas IV MI Ma’arif NU Karangnangka Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu pada kesalahan penggunaan huruf kapital frekuensi terbanyak ada pada tengah kalimat sebanyak 11 kesalahan, kesalahan dengan frekuensi sedang ada pada awal kalimat sebanyak 9 kesalahan, dan frekuensi terkecil ada pada penggunaan judul dan nama tempat sebanyak 1 kesalahan. Pada kesalahan tanda baca frekuensi terbanyak ada pada tanda koma sebanyak 12 kesalahan, dan frekuensi terkecil ada pada tanda titik sebanyak 5 kesalahan, hal ini disebabkan karena siswa berada pada tahap belajar, dan siswa masih dominan bermain. Kata kunci : kesalahan, huruf kapital, tanda baca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesalahan, huruf kapital, tanda baca.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NUR LAELI MUZAYANA sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:08
Last Modified: 25 Oct 2023 01:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22058

Actions (login required)

View Item View Item