KEMANDIRIAN SISWA DISABILITAS DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA ABCD KUNCUP MAS (Studi pada Prespektif Ekologi Urie Brofenbrenner)

REZKY BAHAR, ULINUHA (2023) KEMANDIRIAN SISWA DISABILITAS DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA ABCD KUNCUP MAS (Studi pada Prespektif Ekologi Urie Brofenbrenner). Skripsi thesis, UIN SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Rezky Bahar Ulinuha_Kemandirian Siswa Disabilitas dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa ABCD KUNCUP MAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemandirian memiliki peran sentral dalam kehidupan manusia, tak terkecuali bagi penyandang disabilitas. Penelitian ini mengeksplorasi proses pembangunan kemandirian siswa disabilitas di SLB ABCD Kuncup Mas Banyumas yang beralamat di Gang Sudirman Nomor 46, RT 02 RW 01, Sudagaran, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, di mana fokus utama penelitian adalah untuk memberikan gambaran secara detail mengenai strategi pembelajaran yang efektif bagi siswa disabilitas sensorik. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara di SLB ABCD Kuncup Mas Banyumas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SLB ABCD Kuncup Mas menerapkan pembelajaran akademik sebesar 60%, sesuai regulasi pemerintah, dan keterampilan sebesar 40%. Pembelajaran keterampilan melibatkan program seperti keterampilan salon, tata boga, dan komputer. Pendekatan ekologi perkembangan Urie Bronfenbrenner digunakan untuk memahami pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter dan kemandirian siswa. Sekolah dianggap sebagai ekosistem di mana siswa belajar berinteraksi dengan kebijakan dan norma, memengaruhi perilaku mereka dalam masyarakat. Dalam upaya mencapai kemandirian belajar, SLB ABCD Kuncup Mas berhasil menciptakan lingkungan belajar yang menarik, meningkatkan motivasi belajar siswa, dan memberikan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan. Peran kepala sekolah, guru, dan program keterampilan memiliki dampak signifikan dalam mencapai tujuan ini. Kesimpulannya, SLB ABCD Kuncup Mas sukses dalam membimbing siswa disabilitas menuju kemandirian belajar dan mengembangkan potensi mereka secara holistik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Penyandang Disabilitas, SLB ABCD Kuncup Mas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.346 Sekolah Luar Biasa (Difabel)
300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rezky Bahar Ulinuha
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:07
Last Modified: 25 Oct 2023 01:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22056

Actions (login required)

View Item View Item