PRAKTIK TRADING EMAS PADA KOMUNITAS CREAVIN TRADE PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH

Zayyan, Hadhari Bik (2023) PRAKTIK TRADING EMAS PADA KOMUNITAS CREAVIN TRADE PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Zayyan Hadhari Bik_PRAKTIK TRADING EMAS PADA KOMUNITAS CREAVIN TRADE PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pasar trading di Indonesia sedang mengalami perkembangan. Emas merupakan salah satu komoditas yang banyak diperjualbelikan dalam pasar trading. Peningkatan trend trading ini dibarengi dengan keberadaan banyak komunitas trading. Salah satu dari komunitas trading adalah Creavin Trade. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui bagaimana praktik trading emas yang dijalankan oleh komunitas Creavin Trade. 2) Untuk mencari jawaban bagaimana hukum ekonomi syariah memandang akan praktik trading emas khususnya pada komunitas Creavin Trade. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian adalah pendekatan yuridis-empiris Data yang dikumpulkan diperoleh melalui data primer berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta data sekunder berupa sumber tertulis, buku, jurnal, artikel, arsip, catatan pribadi, dan dokumen resmi dalam bentuk tulisan, audio, dan audio visual. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, display data. Kemudian ditarik kesimpulan yang berkaitan dengan praktik trading emas pada komunitas Creavin Trade serta bagaimana pandangan hukum ekonomi syariah tentang praktik trading emas pada komunitas Creavin Trade. Praktik analisis trading emas pada komunitas creavin trade menggunakan analisis teknikal dan juga fundamental. Analisa teknikal dan fundamental memiliki korelasi dan relevansi dalam penerapan prinsip syariah sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional No: 82/DSN-MUI/VIII/2011. Dalam transaksi perdagangan komoditas, penerapan prinsip syariah dijadikan sebagai instrumen yang penting untuk mencegah dan meminimalisir adanya transaksi yang mengandung maisir. Sedangkan dalam praktik trading emas terdapat biaya menginap disebut sebagai swap, dan perhitungannya didasarkan pada suku bunga (rate of interest) satu mata uang dengan mata uang lainnya yang dipasangkan. Biaya swap inilah yang menjadi muculnya gharar atau ketidakpastian harga.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Trading Emas, Komunitas Creavin Trade
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
Divisions: Pascasarjana > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Zayyan Hadhari Bik sdr
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:02
Last Modified: 24 Oct 2023 07:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22041

Actions (login required)

View Item View Item