Amalia, Yuliyanti (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING MIX DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI USAHA PADA HOME INDUSTRY TAHU DESA RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Amalia Yuliyanti_Implementasi Strategi Marketing Mix Dalam Mempertahankan Eksistensi Usaha Pada Home Industry Tahu Desa Randudongkal Kabupaten Pemalang.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Bauran Pemasaran adalah variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan oleh suatu perusahaan yang terdiri atas produk, harga, tempat dan promosi. Penerapan strategi marketing mix atau bauran pemasaran selain dapat meningkatkan penjualan juga dapat mempertahankan eksistensi usahanya. Home industry milik Imam ini merupakan jenis usaha rumahan yang mengolah kedelai menjadi tahu, juga menerapkan strategi marketing mix dengan 4 variabel. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan utama yaitu bagaimana penerapan strategi marketing mix pada home industry tahu dalam mempertahankan eksistensi usahanya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis datanya, meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi marketing mix pada home industry tahu dengan 4 variabel, yaitu pada strategi produk dengan menginovasi produk berupa membuat produk baru. Strategi harga yang diterapkan yaitu dengan menetapkan harga tetap namun ukuran dikurangi. Sedangkan pada strategi tempat ini terbantu dengan masyarakat yang menunjukkan arah ke lokasi pabrik. Terakhir, strategi promosi yang diterapkan yaitu dengan terjun langsung ke lapangan (bertemu konsumen) dengan jualan keliling, hal tersebut dinilai mampu meningkatkan penjualan sehingga eksistensi usaha pun terjaga.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran, Eksistensi Usaha, dan Home Industry Tahu |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Amalia Yuliyanti sdri |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 06:50 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 06:50 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22028 |
Actions (login required)
View Item |