IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 2 JOGOMERTAN

Gatas, Anugrah Bhakti Pertiwi (2023) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 2 JOGOMERTAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Gatas Anugrah B.P_Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SD Negeri 2 Jogomertan.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan pembelajaran kokulikuler berbasis projek yang dilakukan diluar jam pembelajaran intrakulikueler untuk menguatakan kompetensi atau karakter yang sesuai dengan dimensi profil pelajar Pancasila. SD Negeri 2 Jogomertan merupakan salah satu sekolah yang telah menerapkan Kurkulum Merdeka pada bulan Juli di kelas I dan IV serta telah melaksanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di Kelas I SD Negeri 2 Jogomertan?. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan bersifat kualitatif deskriptif, oleh karena itu metode pengumpulan datanya yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas I SD Negeri 2 Jogomertan ada 1) perencanaan projek dengan membuat tim koordinasi, mengidentifikasi tingkat kesiapan sekolah, menentukan dimensi, tema, dan alokasi waktu, menyusun modul projek, dan membuat strategi pelaporan kegiatan projek 2) pelaksanaan kegiatan projek, dimulai dengan tahap persiapan seperti koordinasi dengan kepala sekolah, rapat persiapan kegiatan dengan rekan sejawat, sosialisasi kegiatan dengan wali murid dan siswa, membuat instrumen monitoring dan evaluasi, dan mempersiapkan alat dan bahan, kemudian tahap pelaksanaan dimualai dengan mengenal diri sendiri, menyusun kelompok, penejelasan tentang konsep taplak teknik cap dan mempraktikan teknik cap pada kertas, membuat taplak meja teknik cap yang dilakukan dua hari, dan refleksi. 3) evaluasi projek di SD Negeri 2 Jogomertan dilakukan dengan menggunakan instrumen monitoring keterlaksanaan program dan evaluasi pencapain profil pelajar Pancasila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.4 Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Gatas Anugrah Bhakti Pertiwi
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:44
Last Modified: 24 Oct 2023 06:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22024

Actions (login required)

View Item View Item