ANALISIS STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA (STUDI KASUS PADA KERAJINAN ANYAMAN BAMBU DESA CIBUYUR KECAMATAN WARUNGPRING KABUPATEN PEMALANG)

Siti, Nurindah Marfuah (2023) ANALISIS STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA (STUDI KASUS PADA KERAJINAN ANYAMAN BAMBU DESA CIBUYUR KECAMATAN WARUNGPRING KABUPATEN PEMALANG). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Siti Nurindah Marfuah_Analisis Strategi Diversifikasi Produk Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha (Studi Kasus Pada Kerajinan Anyaman Bambu Desa Cibuyur Kecamatan Warung Pring Kabupaten Pemalang).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pengembangan produk kerajianan anyaman bambu di era persaingan binis terutama, pada bidang yang sama semakin terus meningkat. Kerajinan anyamanan bambu perlu adanya pengembangan produk agar daya saing usaha terus meingkat. Salah satu cara yaitu dengan menerapkan strategi diversifikasi produk yaitu pengembangan usaha dengan cara menciptakan produk baru namun, produk lama masih terus dipertahankan dan pemasaran masih sama dengan produk yang lama. Diversifikasi produk menjadi salah satu cara agar konsumen tertarik dengan produk yang dihasilkan sudah memenuhi permintaan konsumen. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis penerapan strategi diversifikasi produk dalam meningkatkan daya saing usaha pada kerajinan anyaman bambu Desa Cibuyur Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan yang bersifat penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triagulasi metode. Hasil dari penelitian ini adalah pengrajin anyaman bambu Desa Cibuyur menerapkan strategi diversifikasi produk dalam menghadapi persaingan usaha yang bergerak dalam bidang yang sama. Permintaan dan kebutuhan konsumen yang berubah-ubah mendorong pengrajin untuk mengembangkan produk kerajinan anyaman bambu agar lebih beranekaragam. Strategi diversifikasi yang digunakan yaitu diversifikasi kosentris yang menjadi acuan dalam meningkatkan daya saing usaha. Keanekaragaman produk dari kerajinan anyaman bambu jenis baru membuat konsumen banyak yang tertarik dan produk yang lama masih dipertahankan eksistensinya. Diversifikasi berdampak pada daya saing usaha yaitu ditandai dengan adanya perluasan pemasaran produk dan peningkatan pendapatan sebesar 50 %. Kata kunci : Strategi Diversifikasi, Daya Saing Usaha, Kerajinan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Diversifikasi, Daya Saing Usaha, Kerajinan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Nurindah Marfuah sdri
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:43
Last Modified: 24 Oct 2023 06:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22023

Actions (login required)

View Item View Item