Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto Tahun Ajaran 2022/2023

Aji, Ayu Lestari (2023) Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
1917403023_AJI AYU LESTARI - REVISI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sebagai bahasa dengan karakter linguistik yang khas, bahasa Arab telah menjadi subjek perhatian yang semakin meningkat dalam dunia pendidikan global. Dalam upaya meningkatkan kompetensi berbahasa Arab, banyak strategi pembelajaran dikembangkan dan digunakan oleh tenaga pendidik di seluruh dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan dan menganalisis terkait strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif. Penulis menggunakan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada empat strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Arab. Strategi tersebut diantaranya strategi pembelajaran mufradat (kosa kata), strategi pembelajaran qira’ah (membaca), strategi pembelajaran kitabah (menulis), dan strategi pembelajaran qowa’id (tata bahasa). Strategi pembelajaran dipilih dengan memperhatikan beberapa faktor yaitu tujuan yang hendak dicapai, materi yang disampaikan, dan kondisi peserta didik. Kendala yang dialami guru dalam menerapkan suatu strategi dalam pembelajaran diantaranya adalah perbedaan tingkat kemampuan peserta didik, kurangnya motivasi peserta didik, keterbatasan waktu, serta keterbatasan pengetahuan dan informasi. Kata Kunci : Bahasa Arab, Strategi Pembelajaran, Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Strategi Pembelajaran, Peserta Didik
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aji Ayu Lestari
Date Deposited: 24 Oct 2023 04:16
Last Modified: 24 Oct 2023 04:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22020

Actions (login required)

View Item View Item