OPTIMALISASI PERAN GURU PAI DALAM PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN BERIBADAH SISWA PASCA PANDEMI COVID-19 di SMP NEGERI 1 SUMPIUH BANYUMAS

SIGIT CANDRA, NURAZIZ (2023) OPTIMALISASI PERAN GURU PAI DALAM PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN BERIBADAH SISWA PASCA PANDEMI COVID-19 di SMP NEGERI 1 SUMPIUH BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SIGIT CANDRA NURAZIZ_OPTIMALISASI PERAN GURU PAI DALAM PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN BERIBADAH SISWA PASCA PANDEMI COVID-19 di SMP N 1 SUMPIUH BANYUMAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter membawa misi yang sama dengan pendidikan akhlak dan pendidikan moral. Dengan demikian maka pendidikan karakter harus ada dalam setiap elemen pendidikan dan melatih dengan sungguh-sungguh terhadap berbagai potensi yang terdapat dalam diri siswa. Persoalan utama yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana mengoptimalisasikan pendidikan karakter disiplin beribadah siswa setelah adanya pandemi covid-19 yang sempat menjadi penghalang sehingga bentuk kegiatan yang dapat menanamkan disiplin beribadah tertunda, dan guru yang menjadi penggerak utama dalam hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan optimalisasi peran guru PAI dalam menanamkan pendidikan karakter disiplin beribadah siswa yang rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah SMP N 1 Sumpiuh Banyumas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SMP N 1 Sumpiuh Banyumas merupakan salah satu sekolah yang senantiasa berupaya untuk menanamkan karakter disiplin beribadah terhadap siswanya secara rutin baik di sekolah maupun di rumah. Dalam proses mewujudkan hal tersebut dengan cara melalui beberapa kegiatan yaitu berdo’a di awal pembelajaran, sholat sunnah dhuha berjamaah, sholat wajib dzuhur, sholat jum’at dan membaca asmaul khusna sebelum jam belajar. Maka dapat dipahami bahwa optimalisasi peran guru PAI dalam penanaman pendidikan karakter disiplin beribadah siswa pasca pandemi covid-19 di SMP N 1 Sumpiuh Banyumas telah dilaksanakan dengan baik yang ditandai dengan munculnya respon positif sesuai dengan indikator yang sudah dibahas pada bab sebelumnya, dan sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Dalam pelaksanaannyapun terdapat beberapa faktor yang mendukung kegiatan disiplin beribadah dan juga terdapat faktor yang menghambat dari upaya optimalisasi disiplin beribadah yaitu seperti dari faktor para guru, faktor orang tua, faktor lingkungan, dan juga teman sebaya. Yang diharapkan agar optimalisasi ini berjalan sesuai dengan apa yang di inginkan semua elemen ini harus saling berlokabolarasi saling mendukung dengan kegiatan-kegiatan yang ada guna membantu optimalisasi disipin beribadah yang ada di SMP N 1 Sumpiuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: OPTIMALISASI, PENANAMAN, DISIPLIN, BERIBADAH
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SIGIT CANDRA NURAZIZ sdr
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:35
Last Modified: 25 Oct 2023 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22015

Actions (login required)

View Item View Item