IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VB MI AL ITTIHAD PASIR KIDUL

Irma, Zaida (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VB MI AL ITTIHAD PASIR KIDUL. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IRMA ZAIDA-IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VB MI AL ITTIHAD PASIR KIDUL.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Metode Kooperatif tipe STAD merupakan model pembelajaran kooperatif yang menitikberatkan atau memusatkan pada pencapaian tim siswa. Masing-masing siswa dalam tim atau kelompoknya yang bertanggung jawab secara perseorangan untuk menjawab kuis-kuis yang diberikan guru. Dari kuis-kuis tersebut siswa mengumpulkan poin dalam kelompok, di mana kelompok tertinggi poinnya mendapatkan penghargaan (reward) dari guru. Pada kegiatannya guru menyampaikan materi pembelajaran selanjutnya para siswa berkelompok secara heterogen yang ditentukan oleh guru berdasarkan prestasi/kemampuan kognitif siswa yang terdiri dari 4-5 siswa untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Kemudian, dilakukan tes akhir pada siswa dan perhitungan skor perkembangan individu dan memberikan penghargaan kepada 2 kelompok terbaik. Pembelajaran Kooperatif STAD ini dijadikan inovasi pembelajaran oleh guru kelas VB di MI Al Ittihad Pasir Kidul untuk mendukung proses pembelajaran dan adapun inovasi kembali dalam metode kooperatif tipe STAD. Tujuan dari penelitian ini dilakukan mendeskripsikan dan menganalisa Pembelajaran Inovatif dengan Metode Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran IPA di MI Al Ittihad Pasir Kidul yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawanara dokumentasi dan triangulasi. Subjek penelitian ini adalah Guru Kelas VB, Siswa Kelas VB, Kepala Madrasah dan beberapa guru di MI Al Ittihad Pasir Kidul. Teknik analisis yang digunakan merupakan kualitatif deskriptif yaitu Pertama Reduksi Data, kedua sajian data dan terakhir menyimpulkan data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pembelajaran Inovatif dengan Metode Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada pembelajaran IPA kelas VB di MI Al Ittihad Pasir Kidul, diawali dengan pembiasaan pagi, apersepsi, penyampaian tujuan pembelajaran dan keterkaitan pembelajaran IPA dengan pembelajaran sebelumnya. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inovatif, Metode Kooperatif STAD, Pembelajaran IPA.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: IRMA ZAIDA
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:07
Last Modified: 25 Oct 2023 02:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22010

Actions (login required)

View Item View Item