Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Kelas VIII MTs Ma'arif NU 1 Cilongok Kabupaten Banyumas

Fijri, Afina Dewi (2023) Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Kelas VIII MTs Ma'arif NU 1 Cilongok Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fijri skripsi_085616.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Cilongok Kabupaten Banyumas. Salah satu dari beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah minat belajar yang dimiliki oleh siswa. Minat belajar matematika berkaitan dengan kemampuan berpikir seseorang dalam menghitung, memahami, menganalisis dan memecahkan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Cilongok Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Cilongok Kabupaten Banyumas. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga menghasilkan 130 siswa sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket untuk megukur minat belajar dan instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis regresi sederhana. Persamaan regeresi linier sederhana yang terbentuk yaitu Y ̂=4,427+0,296X. Pada uji keberartian regresi didapatkan nilai signifikansi 0,000 yang mana 0,000 < 0,05, hal ini berarti hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII MTs ma’arif NU 1 Cilongok Kabupaten Banyumas. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh yaitu 0,367, yang mana menunjukkan bahwa besar pengaruh minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis adalah 36,7% dan sisanya 63,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Matematika, Minat Belajar
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fijri Afina Dewi sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:16
Last Modified: 25 Oct 2023 02:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22006

Actions (login required)

View Item View Item