Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Perjalanan Pertama Karya Arief Malinmudo dan Relevansinya dengan Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP

Dhiya, Ulhaq (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Perjalanan Pertama Karya Arief Malinmudo dan Relevansinya dengan Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Dhiya Ulhaq_Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Perjalanan Pertama Karya Arief Malinmudo dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dikutip dari KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) tentang data kasus pendidikan di Indonesia dari tahun 2016-2020 meliputi tawuran pelajar, korban kekerasan di sekolah atau bullying, korban kebijakan (anak dikeluarkan karena hamil, pungli sekolah, anak putus sekolah, droup out, dll.) data tahun 2016-2020 selama lima tahun jumlah korban dan pelaku pelanggaran pendidikan tiap tahunnya mengalami perubahan. Berdasarkan data tersebut menunjukan telah terjadi kemerosotan akhlak dikalangan pelajar. Upaya untuk membentuk akhlak peserta didik salah satunya dengan memberikan sumber belajar film dengan memberikan tayangan-tayangan yang dapat membangun akhlak anak dan mengandung nilai pendidikan yaitu dengan memberikan tayangan film Perjalanan Pertama karya Arief Malinmudo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film Perjalanan Pertama dan mendeskripsikan relevansi nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam film Perjalanan Pertama dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer berupa film Perjalanan Pertama karya Arief Malinmudo dan sumber sekunder berupa referensi yang berhubungan dengan fokus penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan analisi isi (content analysis). Adapun hasil penelitian ini yaitu film Perjalanan Pertama karya Arief Malinmudo terdapat akhlak terpuji dan akhlak tercela. Akhlak terpuji ada 5 yaitu (1) Akhlak terhadap Allah Swt meliputi: mentauhidkan Allah Swt, dzikrullah, husnuzan (berbaik sangka), tadharu (merendahkan diri kepada Allah). (2) Akhlak terhadap diri sendiri yaitu sabar, syukur, amanah, jujur, ihsan (berbuat baik). (3) Akhlak terhadap keluarga yakni birrul walidain (berbakti kepada orang tua), membina dan mendidik keluarga, memelihara keturunan. (4) Akhlak terhadap masyarakat yaitu berbuat baik kepada tetangga, taawun (saling menolong), memberi salam, tawadhu (rendah diri), silaturahmi dengan kerabat. (5) Akhlak terhadap lingkungan. Sedangkan akhlak tercela ada 7 yakni syirik, khianat, ghibah, suudzan (berprasangka buruk), riya (pamer), ghadab (marah), hasad (dengki). Adapun relevansi film Perjalanan Pertama dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP ada 5 yakni pertama akhlak kepada Allah yaitu dzikrullah dan tadharu. Kedua Akhlak terhadap diri sendiri meliputi amanah dan jujur. Ketiga Akhlak terhadap keluarga yaitu birrul walidain (berbakti kepada kedua orang tua). Keempat akhlak terhadap lingkungan. Kelima akhlak tercela yaitu Ghibah. Kata kunci: Film Perjalanan Pertama, Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Film Perjalanan Pertama, Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dhiya Ulhaq sdr
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:39
Last Modified: 24 Oct 2023 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22001

Actions (login required)

View Item View Item