Rena, Reforevanie (2023) Peran Guru Dalam Mengenalkan Konsep Baca, Tulis, dan Berhitung (CALISTUNG) Melalui Permainan Alat Edukatif Tutup Botol Pintar di TK Ananda PGRI Kebumen. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
SKRIPSI_RENA REFOREVANIE_1917406012.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Abstrak:Permasalahan yang sering terjadi yaitu anak kesulitan dalam belajar membaca, menulis, dan berhitung dengan baik. Peranan guru bagus untuk mengembangkan pembelajaran calistung dengan cara bermain sambil belajar. Pembelajarannya dapat menggunakan permainan tutup botol pintar untuk mempermudah anak dalam belajar calistung.Tujuan dari penelitian yaitu mengetahui peran guru dalam mengenalkan konsep calistung melalui alat permainan edukatif tutup botol pintar di TK Ananda PGRI Kebumen.Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus.Subjek penelitian ini yaitu guru kelas TK B, kepala sekolah, dan siswa kelas B di TK Ananda PGRI Kebumen.Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan teknik wawancara,observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam pembelajaran ada beberapa antara lain guru sebagai pendidik, guru sebagai sumber belajar, sebagai guru sebagai model, sebagai guru dalam berinteraksi, sebagai guru dalam pengasuhan, sebagai guru dalam perencanaan, sebagai guru dalam pembelajaran, dan sebagai guru dalam bimbingan. Kata kunci: Peran Guru, Anak Usia Dini, Calistung, Tulbotar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Anak Usia Dini, Calistung, Tutup Botol Pintar |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Rena Reforevanie sdri |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 01:37 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 01:37 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21996 |
Actions (login required)
View Item |