IMPLEMENTASI MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII MTs AL-MA`ARIF RAKIT BANJARNEGARA

ZAINATUN, NAFISAH (2023) IMPLEMENTASI MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII MTs AL-MA`ARIF RAKIT BANJARNEGARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ZAINATUN NAFISAH_IMPLEMENTASI MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII MTs AL-MA`ARIF RAKIT BANJARNEGARA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran bahasa Arab seringkali dianggap oleh peserta didik sebagai pembelajaran yang membosankan dan sulit. Namun, ada banyak model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk menumbuhkan motivasi dan semangat siswa, salah satunya adalah model Quantum Teaching. Salah satu sekolah yang sudah menerapkan model Quantum Teaching yaitu MTs Al-Ma`arif Rakit Kabupaten Banjarnegara Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data dan penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya implementasi model Quantum Teaching dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII MTs Al-Ma`arif Rakit Banjarnegara diawali dengan tahap persiapan seperti menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan menyiapkan materi pembelajaran. Tahap pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode TANDUR (Tanamkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan). Tahap evaluasi/penilaian berupa penilaian tes/lisan, keterampilan, dan sikap. Namun, dalam pelaksanaan model Quantum Teaching ditemukan beberapa kendala seperti perbedaan daya tangkap peserta didik, dan motivasi belajar siswa yang berbeda. Guru telah menemukan solusi untuk mengatasi kendala tersebut seperti mengatasi kematangan siswa yang berbeda dengan pendekatan di dalam kelas, dan meningkatkan rasa percaya diri siswa saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Quantum Teaching, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 000 Generalities > 080 General collections
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zainatun Nafisah sdri
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:19
Last Modified: 23 Oct 2023 07:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21992

Actions (login required)

View Item View Item