OPTIMALISASI PROGRAM BANYUMAS SEJAHTERA PADA BAZNAS KABUPATEN BANYUMAS TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYRAKAT

FITRI, SARAS WATI (2023) OPTIMALISASI PROGRAM BANYUMAS SEJAHTERA PADA BAZNAS KABUPATEN BANYUMAS TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYRAKAT. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fitri Saras Wati_Optimalisasi Program Banyumas Sejahtera Pada BAZNAS Kabupaten Banyumas Terhadap kesejahteraan Masyarakat.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program Banyumas Sejahtera yaitu bantuan modal usaha kelompok binaan, bantuan modal usaha mustahik perorangan, bantuan ternak mustahik, bantuan sarana prasarana, bantuan pelatihan dan sarana prasarana kantin sehat, bantuan modal usaha guru TPQ/Madin/MI/MTS serta bantuan pelatihan usaha lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program-program yang ditawarkan oleh Baznas dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan kurangnya pemahaman masyarakat tentang program-program yang disediakan dan tantangan menjangkau daerah pedesaan yang terpencil, penelitian ini memfokuskan pada upaya Baznas dalam mengatasi kendala ini dan meningkatkan pemahaman serta partisipasi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan, yang melibatkan pengumpulan data langsung dari lapangan atau informan. Sumber data termasuk data primer dan sekunder yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari BAZNAS Banyumas dan mustahik penerima dana zakat produktif. Analisis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, di mana data kualitat if dianalisis, dikembangkan, dan disesuaikan dengan teori-teori yang relevan. Analisis data dilakukan dengan cara melakukan analisis terhadap data secara rinci, lalu menarik kesimpulan yang bersifat umum. Dalam penelitian ini, digunakan teknik triangulasi untuk mengumpulkan data dengan menggunakan berbagai teknik yang berbeda namun berasal dari sumber data yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi program banyumas sejahtera berdampak positif untuk meningkatkan usaha mustahik melalui program ini, pendapatan usaha para mustahik meningkat sekitar 50% hingga 70% dari sebelum mereka menerima bantuan untuk usaha mikro mereka. Serta Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa program tersebut telah memberikan dampak positif pada kesejahteraan ekonomi keluarga. Dengan peningkatan pendapatan, akses modal, dan diversifikasi usaha, keluarga-keluarga yang awalnya berada dalam tahap kesejahteraan yang lebih rendah telah bergerak menuju tahap yang lebih tinggi sesuai dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Program Banyumas Sejahtera, BAZNAS
Subjects: 000 Generalities > 080 General collections
100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fitri Saras Wati sdri
Date Deposited: 23 Oct 2023 06:53
Last Modified: 23 Oct 2023 06:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21990

Actions (login required)

View Item View Item