MANAJEMEN IMARAH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT (STUDI MASJID DARUSSALAM DESA KESUBEN KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL)

NAELY, FAUZIYAH (2023) MANAJEMEN IMARAH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT (STUDI MASJID DARUSSALAM DESA KESUBEN KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NAELY FAUZIYAH_MANAJEMEN IMARAH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT (STUDI MASJID DARUSSALAM DESA KESUBEN KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Imarah merupakan salah satu bidang dalam kepengurusan takmir masjid. Untuk mengatur dan mengelola semua fungsi masjid harus digunakan sebuah manajemen di dalamnya. Manajemen imarah menjadi hal yang penting dan dibutuhkan untuk mengelola kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan oleh masjid sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen Imarah Masjid Darussalam Kesuben, Lebaksiu, Tegal dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dan hambatan di dalamnya. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen Imarah Masjid Darussalam berdasarkan fungsi manajemen sudah berjalan dengan baik. Namun terdapat beberapa fungsi manajemen yang harus lebih diperhatikan dan ditingkatkan. Pada fungsi planning hanya menggunakan perencanaan jangka pendek dan menengah dan jenis perencanaan yang digunakan yaitu perencanaan taktis. Pada fungsi controlling hanya menggunakan satu langkah yaitu laporan dari masyarakat. Manajemen Imarah yang baik dapat menjadi contoh atau panutan bagi masjid yang lain dalam menjalankan kegiatan – kegiatan di dalam masjid itu sendiri dengan segala hambatan di dalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Imarah, dan Partisipasi Masyarakat
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: NAELY FAUZIYAH
Date Deposited: 23 Oct 2023 06:38
Last Modified: 23 Oct 2023 06:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21989

Actions (login required)

View Item View Item