STRATEGI PENILAIAN KINERJA PRODUK PEMBIAYAAN DENGAN PENDEKATAN BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) TAHUN 2020-2022 (STUDI KASUS KSPPS BANGKU ELPENA KARANGMONCOL PURBALINGGA)

NOVANI, YUNDA PRADINI (2023) STRATEGI PENILAIAN KINERJA PRODUK PEMBIAYAAN DENGAN PENDEKATAN BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) TAHUN 2020-2022 (STUDI KASUS KSPPS BANGKU ELPENA KARANGMONCOL PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NOVANI YUNDA PRADINI_STRATEGI PENILAIAN KINERJA PRODUK PEMBIAYAAN DENGAN PENDEKATAN BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) TAHUN 2020-2022 (Study Kasus KSPPS BangKu Elpena Karangmoncol Purbalingga).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persaingan lembaga keuangan menjadikan produk agar diminati oleh masyarakat tidak hanya dari bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan, namun juga bagaimana kinerja produk yang ditawarkan, sehingga penilaian kinerja terhadap produk dibutukan untuk menilai dan mengetahui sejauh mana produk telah terlaksana secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis posisi produk pembiayaan di KSPPS BangKu Elpena pada Matrik BCG. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif jenis penelitian field research dimana pengumpulan data dilakukan secara langsung dilapangan untuk mengadakan pengamatan langsung situasi dan kondisi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisisnya penelitian ini menggunakan metode pendekatan BCG yaitu dengan melihat tingkat pertumbuhan dan pangsa pasar relatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam posisi Matrik BCG produk pembiayaan Murabahah berada pada kuadran II yaitu bintang karena produk mengalami pertumbuhan pasar dan pangsa pasar yang tinggi, Sedangkan produk pembiayaan Salam, Istisna, Ijarah, Mudarabah, Musyarakah dan Qardhul Hasan berada pada kuadran IV yaitu anjing karena produk mengalami pertumbuhan pasar dan pangsa pasar yang rendah. Sehingga KSPPS BangKu Elpena perlu menerapkan strategi antara lain : mempertahankan dan mengembangkan pangsa pasar, investasi dalam inovasi produk, mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, mengurangi risiko, melakukan inovasi dan peningkatan efisien,peningkatan pemasaran, penyempitan pasar, diversifikasi, melakukan kolaborasi, fokus pada segmen pasar yang spesifik, inovasi produk dan layanan, kemitraan strategis, evaluasi dan pembaruan, mengadakan pelatihan dan edukasi, segmentasi pasar, meningkatkan kualitas layanan, penetrasi pasar, pengembangan branding, evaluasi dan perbaikan, serta riset pasar. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan alat analisis yang lain dalam melakukan pengujian untuk menetapkan strategi penilaian kinerja pada produk pembiayaan di KSPPS BangKu Elpena karena penggunaan Matrik BCG kurang sesuai diterapkan pada lembaga keuangan mikro yang cakupannya sempit. Kata Kunci : Strategi Penilaian Kinerja, BCG, Produk Pembiayaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Penilaian Kinerja, BCG, Produk Pembiayaan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Novani Yunda Pradini sdri
Date Deposited: 23 Oct 2023 06:50
Last Modified: 23 Oct 2023 06:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21982

Actions (login required)

View Item View Item