IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ALAM BATURRADEN

Isti Mawaddah, 1223308009 (2016) IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ALAM BATURRADEN. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ISTI MAWADDAH BAB 1-V_DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ISTI MAWADDAH COVER_BAB 1_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan para pendidik yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan sikap hormat, tanggungjawab, dan kedisiplinan kepada peserta didiknya. Karakter yang dipengaruhi oleh moral peserta didik akan memudar bahkan hilang jika pendidik tidak menekankan dengan benar terhadap pengembangan pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran. Untuk itu, pendidik dalam hal ini guru harus mengajarkan dan menanamkan pendidikan-pendidikan moral yang dilakukan dalam kegiatan sehari-hari agar peserta didik tidak mudah terpengaruh oleh nilai dan moral yang tidak sesuai dengan niali religius dan nilai-nilai kebaikan. Penelitian ini berjudul Implementasi Nilai Karakter Religius dan Peduli Lingkungan di Sekolah Alam Baturraden yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai karakter religius dan peduli lingkungan yang terintegrasi melalui kegiatan-kegiatan sekolah dan mengetahui bagaimana langkah-langkah implementasi nilai karakter religius dan peduli lingkungan yang terintegrasi pada kegiatan-kegiatan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitian kualitatif. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman, yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data dan menyajikan data. Hasil penelitian menggambarkan implementasi nilai karakter religius dan peduli lingkungan yang diitegrasikan ke dalam kegiatan-kegiatan sekolah berupa kegiatan belajar mengajar, kegiatan pembiasaan sekolah, kegiatan ekstrakurikuler dan intrakurikuler, serta melalui peneladanan para fasilitator. Melalui implementasi nilai karakter yang diintegrasikan dalam kegiatan sekolah, peserta didik diharapkan mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan mengimplementasikan nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Nilai Karakter Religius dan Peduli Lingkungan.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Feb 2017 09:00
Last Modified: 28 Feb 2017 09:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item