ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA JUAL BELI HANDPHONE SECOND MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (STUDI KASUS PADA GRUP JUAL BELI HP PURWOKERTO)

Gigih Ivan, Maulana Valid (2023) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA JUAL BELI HANDPHONE SECOND MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (STUDI KASUS PADA GRUP JUAL BELI HP PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Gigih Ivan Maulana Valid_Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Jual Beli Handphone Second Melalui Media Sosial Facebook (Studi Kasus Pada Grup JUAL BELI HP PURWOKERTO.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Manusia telah melakukan jual-beli untuk waktu yang sangat lama. Islam mensyariatkan jual beli sebagai metode untuk memenuhi kebutuhan dasar dengan cara yang adil. Seandainya tidak disyariatkan sebuah jalan yang adil untuk memenuhi kebutuhan mereka, tentunya akan menimbulkan kemudharatan dan kerusakan bagi kehidupan mereka terutama orang lemah. Perkembangan jual beli ini tidak hanya terjadi secara langsung di suatu tempat, namun sekarang sudah merambah ke media sosial. Namun, praktik jual beli di media sosial ini masih dipertanyakan apakah sesuai dengan etika bisnis Islam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis penerapan etika bisnis Islam pada jual beli handphone second di media sosial facebook pada grup JUAL BELI HP PURWOKERTO. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa praktik jual beli di media sosial facebook belum sesuai dengan etika bisnis Islam. Analisis praktik jual beli melalui media sosial facebook menunjukkan bahwa baik konsep keesaan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebajikan tidak dilaksanakan dengan baik oleh para pelaku jual beli. Mengingat berdasarkan fakta tersebut, maka proses jual beli di media sosial facebook pada grup JUAL BELI HP PURWOKERTO masih belum sesuai dengan etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Jual Beli, Media Sosial
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Gigih Ivan Maulana Valid sdr
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:10
Last Modified: 23 Oct 2023 04:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21975

Actions (login required)

View Item View Item