PELAKSANAAN PROGRAM NGAJI JUZ 'AMMA DI MTs MA'ARIF NU 1 RAWALO BANYUMAS

Nurhidayati, Nurhidayati (2023) PELAKSANAAN PROGRAM NGAJI JUZ 'AMMA DI MTs MA'ARIF NU 1 RAWALO BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saiffudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NURHIDAYATI_PELAKSANAAN PROGRAM NGAJI JUZ 'AMMA DI MTs MA'ARIF NU 1 RAWALO BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Melakukan pembelajaran mengenai Al-Qur’an khususnya terkait dengan membaca dan menghafal Al-Qur’an pada anak-anak adalah hal yang sangat penting. Program ngaji juz amma merupakan suatu kegiatan pembelajaran membaca dan menghafal juz amma yang dilakukan dalam waktu satu minggu sekali yang dilakukan secara berulang-ulang sehingga peserta didik akan terbiasa melakukan pembiasaan tersebut. MTs Ma’arif NU 1 Rawalo Banyumas menjadikan program ngaji juz amma sebagai kegiatan unggulan dalam sekolah tersebut dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an khususnya juz amma atau juz 30 kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan program ngaji juz amma melalui kegiatan evaluasi yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian yaitu Kepala Madrasah, Guru dan Siswa. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pelaksanaan ngaji juz amma yang ada di MTs Ma’arif NU 1 Rawalo Banyumas sudah berjalan dengan cukup baik, dengan metode ceramah, demostrasi, latihan dan hafalan. Adapun untuk mengetahui sejauh mana siswa dalam memahami pembelajaran yang dilakukan yaitu dengan adanya evaluasi yang berbentuk penugasaan, latihan yang dilakukan dalam proses pembelajaran berlangsung, kemudian untuk hafalan dilakukan dalam waktu satu minggu satu kali. Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa diukur ketika siswa membaca surat-surat yang ditentukan guru dalam pembelajaran dan mampu menyebutkan hukum bacaan tajwidnya. Dapat diketahui bahwa siswa mampu menghafal juz amma dengan baik dan benar dalam bentuk setoran kepada guru kelas. Dari pelaksanaan program ngaji juz amma tersebut banyak pencapaian yang sudah lakukan seperti pada saat kelas IX siswa sudah mampu menghafalkan juz 30 atau juz amma dengan lancar sampai selesai. Dan siswa mampu membaca Al Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah hukum bacaan tajwidnya. Kata Kunci : Pelaksanaan Program, Ngaji Juz Amma

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Program, Ngaji Juz Amma
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NURHIDAYAT NURHIDAYATI sdri
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:07
Last Modified: 23 Oct 2023 02:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21964

Actions (login required)

View Item View Item