IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII DI SMP BUSTANUL ULUM PAGUYANGAN BREBES

khiqmatul, lisani (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII DI SMP BUSTANUL ULUM PAGUYANGAN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KHIQMATUL LISANI_IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII DI SMP BUSTANUL ULUM PAGUYANGAN BREBES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka adalah kurikulum baru yang diterapkan sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013. Dalam pelaksanaanya pada pembelajaran, kurikulum merdeka telah dikembangkan menjadi kurikulum yang lebih variabel namun tetap fokus pada materi-materi yang mendasar, pengembangan karakter serta kompetensi pada siswa. Seperti pada ulasannya bahwa kurikulum merdeka mempunyai tujuan sebagai pemulihan dari krisisnya pembelajaran yang semakin parah yang di akibatkan oleh pandemi covid 19, selain itu juga bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada lembaga maupun guru untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum serta pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik. Penelitian ini mengambil beberapa responden yang terdiri dari waka kurikulum, guru fikih serta beberapa siswa kelas VII yang mampu dan paham terkait penelitian ini. Dalam pengambilan data digunakan teknik wawancara, observasi di lapangan serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan adanya tiga permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran mata pelajaran fikih, pelaksanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan Islam dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi tersebut. Tiga permasalahan tersebut yakni sulitnya mengubah mindset atau kebiasaan lama dalam penerapan pada pembelajaran, penerapan pembelajaran diferensiasi yang kurang maksimal, dan banyaknya perangkat pembelajaran yang berbeda dalam satu lembaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran Fikih
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.11 Bersuci (Taharah)
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.12 Shalat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khiqmatul Lisani sdri
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:05
Last Modified: 23 Oct 2023 02:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21962

Actions (login required)

View Item View Item