ANALISIS TINGKAT KESADARAN PETANI PADI DALAM MEMBAYAR ZAKAT PERTANIAN (Studi Kasus di Desa Kaibonpetangkuran Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen)

FATKUROHMAH, TITIN LAILIAH (2023) ANALISIS TINGKAT KESADARAN PETANI PADI DALAM MEMBAYAR ZAKAT PERTANIAN (Studi Kasus di Desa Kaibonpetangkuran Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FATKUROHMAH TITIN LAILIAH_ANALISIS TINGKAT KESADARAN PETANI PADI DALAM MEMBAYAR ZAKAT PERTANIAN (Studi Kasus di Desa Kaibonpetangkuran Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Zakat pertanian merupakan zakat yang dikeluarkan dari hasil pertanian setelah panen tanpa harus menunggu haul. Zakat pertanian dapat berupa dari tanaman yang dapat mengenyangkan, dapat di makan dan dapat di simpan. Mengeluarkan zakat pertanian merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim yang apabila telah mencapai syarat-syarat yang telah ditetapkan dari hasil pertaniannya. Melihat akan kesadaran masyarakat petani padi di Desa Kaibonpetangkuran masih sangat rendah serta pengetahuan dan pemahaman petani mengenai zakat pertanian masih sangat minim menyebabkan para petani padi tersebut tidak membayar zakat pertanian melainkan memberikan hasil pertanian mereka kepada tetangga disekitarnya. Padahal sudah banyak petani padi yang telah mencapai nisab dari pertanian itu sendiri. Penelitian ini dilakukan di Desa Kaibonpetangkuran Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen. Objek dari penelitian adalah tingkat kesadaran petani padi dalam membayar zakat pertanian. Metode yang digunakan yaitu menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan. Kemudian, teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dimana kegiatan observasi dilakukan dengan mendatangi secara langsung objek penelitian. Selanjutnya, wawancara kepada para tokoh masyarakat, seperti kepala desa, sekretaris desa, kyai, ketua UPZ, dan masyarakat petani padi. Kemudian, kegiatan tersebut di dokumentasikan untuk memperoleh data-data berupa gambar untuk mempermudah pengumpulan data. Sedangkan, metode analisis data menggunakan reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan mengenai tingkat kesadaran petani dalam membayar zakat pertanian adalah masih sangat rendah. Termasuk ke dalam teoti tingkat kesadaran yang pertama yaitu Unconscious Incompetence adalah keadaan dimana seseorang tidak mengerti apa yang dilakukannya. Terdapat juga beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya kesadaran petani dalam membayar zakat pertanian yaitu faktor sosialisasi, faktor pendapatan, faktor pendidikan dan pengetahuan, dan faktor kebiasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran, Petani Padi, Zakat Pertanian
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Fatkurohma Titin Lailiah sdri
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:04
Last Modified: 23 Oct 2023 02:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21961

Actions (login required)

View Item View Item