KEPEMIMPINAN SPIRITUAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGIUS DI SMA BUSTANUL ULUM NU BUMIAYU

Dwi, Zulmi Herlambang (2023) KEPEMIMPINAN SPIRITUAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGIUS DI SMA BUSTANUL ULUM NU BUMIAYU. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DWI_ZULMI_HERLAMBANG_FIX_100[1][1].pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Seorang pemimpin atau “leader” yang mempunyai etika ketuhanan dalam suatu lembaga pendidikan yang menginspirasi, dan menggerakkan hati nurani melalui pendekatan yang etis dan patut diteladani dalam mengembangkan budaya religius dengan kegiatan-kegiatan yang belum ada kemudian diadakan agar budaya islam yang ada di SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu semakin berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam pengembangan budaya religius di SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif data yang diperoleh berupa kata-kata, gambar, atau perilaku dari orang-orang yang diamati oleh peneliti. Dalam hal ini teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Objek dari penelitian ini adalah kepala sekolah dalam pengembangan budaya religius. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan spiritual kepala sekolah di SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu dalam pengembangan budaya religius secara keseluruhan telah berjalan, meskipun belum berjalan secara maksimal. Kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam pembahasan ini adalah bagaimana seorang kepala sekolah mempengaruhi seluruh warga sekolah demi tercapainya tujuan sekolah. Dengan model kepemimpinan spiritual subtantif yang kepala sekolah miliki, yaitu melalui hubungan komunikasi yang baik dengan cara toleransi, mufakat (musyawaroh), fleksibel dimana kepala sekolah menerapkan sifat update dalam membuat kebijakan-kebijakan terkait keagamaan dengan warga sekolah agar penerapan budaya islami berjalan dengan baik. Adapun pengembangan budaya religius yang berjalan di SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu antara lain : (1) Program Harian (membaca Asmaul Husna, sholat Dhuha dan sholat Dzuhur berjama’ah). (2) Program Mingguan (membaca Nadhom, membaca Yasin dan Ekstrakurikuler Hadroh). (3) Program Tahunan (memperingati Hari Besar Keagamaan, memperingati Hari Santri Nasional, Pesantren Kilat, Praktek Manasik Haji, serta memperingati Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha). Kata kunci: Kepemimpinan Spiritual, Kepala Sekolah, Pengembangan Budaya Religius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Spiritual, Kepala Sekolah, Pengembangan Budaya Religius.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dwi Zulmi Herlambang sdr
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:01
Last Modified: 23 Oct 2023 02:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21956

Actions (login required)

View Item View Item