Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Komunikasi Pemasaran Produk Simpanan SIMBAKOTA di BMT Dana Mentrai Muhammadiyah Purwokerto Kantor Layanan Karanglewas

Rima, Indah Sinawang (2023) Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Komunikasi Pemasaran Produk Simpanan SIMBAKOTA di BMT Dana Mentrai Muhammadiyah Purwokerto Kantor Layanan Karanglewas. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RIMA INDAH SINAWANG_Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Komunikasi Pemasaran Produk Simpanan SIMBAKOTA di BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto Kantor Layanan Karanglewas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menjelang hari raya idul fitri tentunya harga kebutuhan pokok di pasar mengalami peningkatan yang sangat signifikan dan tidak sedikit masyarakat yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokoknya. Oleh karena itu BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto Kantor Layanan Karanglewas menghadirkan produk simpanan SIMBAKOTA yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok nasabah pada hari lebaran. Dalam pemasaran produk SIMBAKOTA tentunya disesuaikan dengan etika bisnis Islam dan komunikasi pemasaran agar dapat meciptakan pelayanan yang baik kepada nasabah sehingga bisa meningkatkan jumlah nasabah serta pendapatan setiap tahunnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Kemudian objek penelitian ini yatu penerapan etika bisnis Islam dan komunikasi pemasaran pada produk simpanan SIMBAKOTA di BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto Kantor Layanan Karanglewas. Hasil dari penelitian ini adalah sudah diterapkannya etika bisnis Islam dalam menjalankan bisnisnya dengan mengedepankan nilai ketauhidan, keseimbangan, kehendak bebas, pertanggungjawaban, dan ihsan. Serta keterkaitannya dengan komunikasi pemasaran juga sudah sesuai dengan prinsip pemasaran yang baik yaitu memperhatikan prinsip periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, dan pemasaran langsung dimana dalam pelayanannya dilakukan secara ramah, tidak berkata kasar, dan sabar dalam menghadapi nasabah yang kurang tertib dalam menaati aturan. Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Komunikasi Pemasaran, SIMBAKOTA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Komunikasi Pemasaran, SIMBAKOTA
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy)
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: RIMA INDAH SINAWANG sdri
Date Deposited: 23 Oct 2023 01:59
Last Modified: 23 Oct 2023 01:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21954

Actions (login required)

View Item View Item