PENERAPAN METODE ABA (APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SLB ABC PUTRA PASUNDAN 2 LANGENSARI KOTA BANJAR

Iis, Istiqomah (2023) PENERAPAN METODE ABA (APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SLB ABC PUTRA PASUNDAN 2 LANGENSARI KOTA BANJAR. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Iis Istiqomah_Penerapan Metode ABA (Applied Behavior Analysis) dalam Pembelajaran PAI di SLB ABC Putra Pasundan 2 Langensari Kota Banjar.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Agama Islam layaknya kunci yang dapat membuka berbagai macam informasi, pengetahuan dan pengalaman tentang Agama Islam di seluruh penjuru dunia. Dalam rangka membuka dan mendapatkan pengetahuan seluas-luasnya, pembelajaran PAI harus menggunakan metode yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan mudah. Metode pembelajaran yang efektif sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, terlebih untuk pembelajaran PAI bagi anak autis. Dengan demikian, anak autis yang dipandang sebelah mata oleh masyarakat kebanyakan, dapat hidup layak seperti anak normal melalui pendidikan dan metode yang tepat dalam pembelajaran. Harapannya, mereka dapat memberikan manfaat terhadap dirinya dan lingkungan sekitar juga bangsa dan Negara tercinta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) langkah yang dilakukan guru dalam pelaksanaan metode Applied Behaviour Analysis di SLB ABC Putra Pasundan 2 Langensari. 2) pelaksanaan metode Applied Behaviour Analysis untuk pembelajaran anak autis di SLB ABC Putra Pasundan 2 Langensari. 3) evaluasi pelaksanaan metode Applied Behaviour Analysis untuk pembelajaran anak autis di SLB ABC Putra Pasundan 2 Langensari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) langkah pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah membuat RPP yang disesuaikan dengan kemampuan anak. 2) dalam melaksanakan metode ABA, guru beracuan pada RPP kemudian melaksanakan kegiatan pembelajaran yang dimulai dengan berdoa, mengucapkan salam, mengajarkan komunikasi sederhana yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari, kemudian masuk pada materi. 3) evaluasi pelaksanaan metode ABA yaitu tidak sesuai dengan teori karena pada teorinya satu guru menangani satu anak, sementara di SLB ABC Putra Pasundan 2 Langensari satu guru menangani 5 sampai 6 anak. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi bagi masyarakat, orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, tenaga pendidik dan lembaga atau yayasan anak autis agar lebih memahami kebutuhan anak autis sehingga mereka dapat hidup layak di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Applied Behavior Analysis, Pembelajaran PAI, Anak Autis
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iis Istiqomah sdri
Date Deposited: 23 Oct 2023 01:59
Last Modified: 23 Oct 2023 01:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21953

Actions (login required)

View Item View Item