IMPLEMENTASI HOME VISIT DALAM PEMECAHAN MASALAH BELAJAR PADA SISWA SLOW LEARNER DI MTS MA’ARIF NU 10 KRENCENG PURBALINGGA

Astri, Eka Fidiyanti (2023) IMPLEMENTASI HOME VISIT DALAM PEMECAHAN MASALAH BELAJAR PADA SISWA SLOW LEARNER DI MTS MA’ARIF NU 10 KRENCENG PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof.K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ASTRI EKA FIDIYANTI_IMPLEMENTASI HOME VISIT DALAM PEMECAHAN MASALAH BELAJAR PADA SISWA SLOW LEARNER DI MTS MA’ARIF NU 10 KRENCENG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Slow learner merupakan salah satu gangguan belajar pada siswa yang mengalami hambatan atau keterlambatan dalam perkembangan secara efektif dan kognitif. Karena mengalami kelambatan dalam belajar maka siswa yang mengalami slow learner memiliki keterbatasan potensi kecerdsan, selain itu juga memiliki keterbatasan dalam hal mengingat, karena memiliki konsentrasi yang rendah. Untuk memecahkan masalah pada siswa slow learner perlu diadakan home visit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi home visit dalam pemecahan masalah belajar pada siswa slow learner di MTs Ma’arif NU 10 Krenceng. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan atau penelitian kualitatif. Subyek penelitiannya adalah guru bimbingan dan konseling, wali kelas, dan siswa yang kesulitan belajar (slow learner). Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mendapatkan data yang relevan penelitian ini menggunakan teknik analisis data. Hasil penelitian yaitu ada beberapa faktor yang menjadi sumber timbulnya slow learner yaitu faktor dari dalam diri siswa dan faktor yang bersumber dari luar siswa. Adapun faktor yang bersumber dari dalam siswa adalah: Kelemahan secara emosional seperti mudah terpengaruh dengan kondisi lingkungan sekitar, kelemahan yang disebabkan oleh kebiasaan dan sikap sikap yang salah, contohnya ada beberapa siswa yang lebih mementingkan bermain tarian kuda lumping, tidak memiliki ketrampilan dan pengetahuan dasar yang diberikan. Kemudian faktor yang bersumber dari luar siswa yaitu: adanya masalah didalam keluarga seperti broken home, pengaruh dari kelompok pergaulan atau lingkungan tempat tinggal yang kurang baik. Kata Kunci: Home Visit, Masalah Belajar, Siswa Slow Learner

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Home Visit, Masalah Belajar, Siswa Slow Learner
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ASTRI EKA FIDIYANTI sdri
Date Deposited: 23 Oct 2023 01:45
Last Modified: 23 Oct 2023 01:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21951

Actions (login required)

View Item View Item