ANALISIS PENETAPAN HAKIM DALAM MENENTUKAN AHLI WARIS PENGGANTI (Studi Analisis Penetapan No. 143/Pdt. P/2022/PA.Bms)

Sulhanudin, Rizqo (2023) ANALISIS PENETAPAN HAKIM DALAM MENENTUKAN AHLI WARIS PENGGANTI (Studi Analisis Penetapan No. 143/Pdt. P/2022/PA.Bms). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SULHANUDIN THOFHANUR RIZQO_ANALISIS PENETAPAN HAKIM DALAM MENENTUKAN AHLI WARIS PENGGANTI (STUDI ANALISIS PENETAPAN NO.143 Pdt.P 2022 PA.Bms).pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Suatu peristiwa hukum kewarisan yang jarang terjadi di masyarakat yaitu ketika ahli waris meninggal terlebih dahulu daripada pewaris. Dalam hukum perdata, hukum waris diatur dalam pasal 830 sampai dengan pasal 873. Namun yang mengatur tentang ahli waris pengganti terdapat dalam pasal 841 sampai dengan pasal 848 KHUPerdata. Kemudian menurut KHI ahli waris pengganti dijelaskan dalam pasal 185. Adapun konsep ahli waris pengganti diperkuat oleh teori Hazarin dalam kata mawa>li> yang ada dalam Q.S. an-Nisa (4): 33, mawa>li> disini yang diartikan sebagai keturunan atau anak yang telah meninggal terlebih dahulu. Dari uraian ini muncul pertimbangan hukum hakim dalam memutus perkara ini. Dilema di atas tercemin dalam putusan dengan nomor 143/Pdt.P/2022/PA.Bms. Jenis penelitian ini adalah kajian kepustakaan (library research) yang bersifat kualitatif melalui pendekatan yuridis normatif. Dalam penelitian ini data primernya adalah berupa putusan Pengadilan Agama No. 143/Pdt.P/2022/PA.Bms yang diperkuat dengan hasil wawancara antara peneliti dengan hakim yang memutus perkara tersebut. Sedangkan data sekunder yang digunakan berupa karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan hukum waris, peraturan perundang-undangan dan buku yang terkait dengan penelitian ini. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif analisis kualitatif. Penelitian ini menyimpulakan bahwa ahli waris pengganti dalam hukum perdata dijelaskan pasal 842 KUHPerdata dengan batas mewarisi sampai derajat keenam. Sedangkan dalam KHI diatur dalam pasal 185 dengan batas mewarisi sampai dengan derajat cucu. Hakim Pengadilan Agama Banyumas Nomor 143/Pdt.P/2022/PA.Bms akhirnya menetapkan ahli waris pengganti tersebut berdasarkan dari sumber hukum yang seadil-adilnya dengan tujuan dapat mengambil hak-hak waris ditangan yang tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Putusan Hakim,Hukum Waris, Ahli Waris Pengganti.
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law (perdata) > 346.05 Inheritance (Hukum Waris)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Sulhanudin Thofhanur Rizqo
Date Deposited: 23 Oct 2023 01:33
Last Modified: 23 Oct 2023 01:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21946

Actions (login required)

View Item View Item