IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN 2 WONOSOBO

Yusvika, Royyani (2023) IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN 2 WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H.Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Yusvika Royyani_1917402147_Implementasi Literasi Digital Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 2 Wonosobo.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang kurang menarik dan membosankan, hal tersebut dikarenakan berbagai alasan salah satunya adalah kurangnya kemampuan dan kecakapan dalam menggunakan media digital pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi literasi digital dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 2 Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah, dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis literasi digital memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan media digital yang ada untuk meningkatkan kemampuan literasi digital peserta didik, menggunakan media digital seperti internet, buku elektronik, e-book, dan smartphone. Serta menggunakan aplikasi digital seperti Mobile Application Blended Learning dan E-Learning madrasah. Implementasi literasi digital dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam mencakup beberapa tahapan yang dilalui yaitu, yang pertama tahap perencanaan dengan menyiapkan RPP, bahan ajar, dan metode pembelajaran, yang kedua yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan teknologi yang dibutuhkan untuk memaksimalkan pembelajaran dan yang ketiga yaitu proses evaluasi dengan memberikan tugas-tugas kepada peserta didik. Dengan demikian, pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis literasi digital dapat menjadi alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi digital peserta didik dalam memahami dan mengelola informasi dengan baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.4 Daulah Abbasiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yusvika Royyani sdri
Date Deposited: 23 Oct 2023 01:24
Last Modified: 23 Oct 2023 07:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21937

Actions (login required)

View Item View Item