PENDIDIKAN AKHLAK SEBAGAI UPAYA PEMANTAPAN SPIRITUALITAS AGAMA ISLAM SISWA SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO

Fadlina, Salsabila (2023) PENDIDIKAN AKHLAK SEBAGAI UPAYA PEMANTAPAN SPIRITUALITAS AGAMA ISLAM SISWA SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fadlina Salsabila_Pendidikan Akhlak Sebagai Upaya Pemantapan Spiritualitas Agama Islam Siswa SMP Muhammadiyah3 Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan akhlak memiliki signifikasi yang mendalam dalam memupuk esensi spiritualitas agama Islam di kalangan siswa SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto. Pendidikan akhlak memegang peran kunci dalam membentuk karakter siswa, dan di lingkungan sekolah pendidikan akhlak menjadi elemen integral dalam memperkuat fondasi agama islam siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami penerapan pendidikan akhlak di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto sebagai sarana pemantapan spiritualitas agama islam siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif atau penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Sampel penelitian terdiri dari, kepala sekolah, waka kesiswaan, guru BK, guru Pendidikan Akhlak, dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah redaksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan metode yang digunakan tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan akhlak di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto telah berperan positif dalam pemantapan spiritualitas agama islam siswa. Guru-guru berperan sebagai teladan dalam mengajar nilai-nilai akhlak, dan siswa aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang memperkuat pemahamandan praktik akhlak islam. Pemantapan spiritualitas agama islam siswa tercermin dalam sikap, perilaku, dan interaksi sosial mereka sehari-hari. Faktor-faktor seperti, materi pelajaran, metode pengajaran, peran guru, dan lingkungan sekolah memainkan peran penting dalam efektivitas pendidikan akhlak ini. Faktor-faktor seperti metode pengajaran, peran guru, dan lingkungan sekolah memainkan peran penting dalam efektivitas pendidikan akhlak ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Akhlak Spiritualitas
Subjects: 200 Religion > 260 Christian social theology > 268 Religious education
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadlina Salsabila sdri
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:11
Last Modified: 20 Oct 2023 06:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21930

Actions (login required)

View Item View Item