PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH ALAM PERWIRA PURBALINGGA

Alfina, Frischa Yuniar (2023) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH ALAM PERWIRA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alfina Frischa Yuniar_Pemanfaatan Lingkungan sebagai Media Pembelajaran PAI dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Alam Perwira Purbalingga.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ada banyak media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, salah satunya memanfaatkan lingkungan sebagai sumber dan media pembelajaran. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa guru belum maksimal dalam memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia di sekolah sebagai media pembelajaran PAI serta belum banyak memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber dan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran PAI dalam kurikulum merdeka di Sekolah Alam Perwira Purbalingga. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan jenis penelitian fenomenologi melibatkan pengujian yang teliti dan seksama pada kesadaran pengalaman manusia. yang hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: Persiapan dalam pemanfaatan lingkungan sebagai media belajar adalah bahwa mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang pentingnya integrasi alam dalam pembelajaran PAI. Guru-guru Sekolah Alam Perwira Purbalingga telah secara cermat memilih objek alam yang relevan, memahami keberagaman gaya belajar siswa, dan merencanakan pengalaman lapangan yang sesuai dengan preferensi belajar individu. Mereka juga menjalankan prosedur perizinan dengan cermat untuk memastikan keamanan dan kepatuhan hukum selama kegiatan lapangan. Selain itu, persiapan teknis yang teliti dilakukan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan kunjungan lapangan dalam pembelajaran PAI di Sekolah Alam Perwira Purbalingga, terlihat bahwa guru kelas 1, guru kelas 4, dan kepala sekolah sangat menyadari peran penting guru dengan dibantu oleh petugas dalam menjelaskan objek yang dikunjungi dalam pembelajaran di alam. Kolaborasi antara guru dan petugas, bersama dengan penggunaan bahasa yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa. Selain itu, telah meminta siswa untuk mencatat segala informasi yang mereka peroleh mengenai lokasi kunjungan. Tindak lanjut dalam pemanfaatan lingkungan sebagai media belajar di Sekolah Alam Perwira Purbalingga adalah bahwa guru-guru di sekolah tersebut sangat menekankan pentingnya melibatkan siswa dalam melaporkan hasil belajar, menyampaikan kesan, memberikan penilaian, dan memberikan tugas lanjutan setelah kunjungan lapangan. Dapat disimpulkan bahwasannya pemanfaatan lingkungan sebagai media belajar PAI oleh Sekolah Alam Perwira Purbalingga telah berhasil di penuhi dan diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan, Media Belajar, PAI
Subjects: 200 Religion > 260 Christian social theology > 268 Religious education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 577 General nature of life
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ALFINA FRISCHA YUNIAR sdri
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:13
Last Modified: 20 Oct 2023 04:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21926

Actions (login required)

View Item View Item