PENGARUH PROMOTION MIX DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP INTENSI NASABAH UNTUK MEMILIH PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) BMT NUSAJA JAYA SEJAHTERA KEC. BUKATEJA

Ella Anggit, Triana (2023) PENGARUH PROMOTION MIX DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP INTENSI NASABAH UNTUK MEMILIH PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) BMT NUSAJA JAYA SEJAHTERA KEC. BUKATEJA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saaifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Ella Anggit Triana 1917202089.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Upaya pengembangan lembaga keuangan tidak cukup hanya berlandaskan pada peraturan perundang-undangan tetapi harus berorientasi kepada pasar sasaran atau masyarakat sebagai pengguna jasa lembaga keuangan. Dengan demikian hal tersebut dapat mempengaruhi persepsi dan sikap masyarakat terhadap lembaga keuangan. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh promotion mix secara signifikan terhadap intensi nasabah untuk memilih pembiayaan murabahah, pengaruh product knowledge secara signifikan terhadap intensi nasabah memilih pembiayaan murabahah, serta pengaruh promotion mix dan product knowledge secara simultan untuk memilih pembiayaan murabahah di KSPPS BMT Nusaja Jaya Sejahtera kec. Bukateja. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan analisis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 53 orang. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan SPSS. Uji instrumen yang digunakan yaitu dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data dengan metode analisis regresi linier berganda, uji koefisien Determinan (R2) dan pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promotion mix berpengaruh signifikan terhadap intensi nasabah untuk memilih pembiayaan murabahah. Kedua, product knowledge berpengaruh signifikan terhadap intensi nasabah untuk memilih pembiayaan murabahah di KSPPS BMT Nusaja Jaya Sejahtera. Ketiga, promotion mix dan product knowledge berpengaruh terhadap intensi nasabah untuk memilih pembiayaan murabahah di KSPPS BMT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Promotion Mix, Product Knowledge dan Intensi Nasabah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.34 Koperasi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ella Anggit Triana sdri
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:39
Last Modified: 20 Oct 2023 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21924

Actions (login required)

View Item View Item