Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Kodular untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas X

Ulim, Fatma Sadiyah (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Kodular untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas X. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ulim Fatma Sadiyah_Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Kodular untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas X.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa kelas X SMA Muhamadiyyah 1 Purbalingga. Berdasarkan hasil tes pendahuluan yang peneliti lakukan terkait tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa diperoleh nlai rata-rata tes sebesar 59,6 yang dapat diartikan tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa pemahaman matematis siswa adalah media pembelajaran yang digunakan. Hal tersebut diperkuat dengan hasil wawancara dengan guru matematika kelas X bahwa media pembelajaran yang digunakan hanya buku pedoman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada materi peluang untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi dalam penelitian adalah kelas X SMA Muhamadiyyah 1 Purbalingga yang terdiri dari 9 kelas dan sampel yang digunakan yaitu kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan X-B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran mobile learning berbasis android pada materi peluang kelas X valid serta efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis. Hasil validasi media sebesar 87,20%, ahli materi 90,00% . Sedangkan respon guru 96,36% dengan kriteria valid, penilaian mobile learning oleh kelompok kecil sebesar 80,04%. Untuk menguji hipotesis dilakukan uji prsyarat yatu uji normalitas dan uji homogenitas terlebih dahulu, selanjutnya dikenakan uji t independent sample menunjukkan adanya perbedaan rata-rata skor N-Gain antara keduanya dengan diperolehnya nilai signifikansi Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Efektivitas media pembelajaran mobile learning berbasis android pada materi peluang ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas eksperimen yakni rata-rata skor N-Gain 0,76 lebih besar dari kelas kontrol dengan rata-rata skor N-Gain yakni 0,265. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis android pada materi peluang efektif unuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas X di SMA Muhamadiyyah 1 Purbalingga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mobile Learning, , Media Pembelajaran, Pemahaman Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ulim Fatma Sadiyah
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:26
Last Modified: 20 Oct 2023 01:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21919

Actions (login required)

View Item View Item