PENERAPAN MANAJEMEN STRATEGIK PADA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Adelia, Safna Sabrina (2023) PENERAPAN MANAJEMEN STRATEGIK PADA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Adelia Safna Sabrina_ PENERAPAN MANAJEMEN STRATEGIK PADA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki berbagai aspek yang berkaitan satu dengan lainnya. Salah satu tugas lembaga pendidikan yang menerapkan kegiatan tahunan adalah melaksanakan dan menetapkan input sebelum melaksanakan proses pembelajaran. Salah satu input yang terpenting adalah peserta didik. Hal tersebut akan dapat diperoleh dengan baik manakala proses penerimaan peserta didik baru dapat dilaksanakan dengan baik, objektif, dan adil. Kriteria tambahan penerimaan peserta didik baru di MI Istiqomah Sambas Purbalingga apabila ada calon peserta didik yang memiliki kerabat di MI Sambas maka akan mendapatkan point tersendiri. Manajemen strategik merupakan alat bantu untuk dapat mencapai tujuan tersebut. Dengan melalui 4 tahapan yaitu analisis lingkungan, formulasi strategi, implementasi strategi, dan evaluasi serta pengendalian. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di MI Istiqomah Sambas Purbalingga berawal dari melihat analisis lingkungan eksternal dan internal yang meliputi kekuatan, MI Sambas Purbalingga telah menerapkan pengelolaan madrasah berbasis manajemen mutu (ISO: 9001: 2015) dan mempunyai program-program unggulan, staf pendidik dengan latar belakang yang baiak, budaya madrasah yang berazakan kekeluargaan serta memiliki prestasi yang baik dari akademik maupun non akademik. kelemahan, lokasi madrasah yang kurang strategis dikarenakan masuk gang kecil dan keterbatasan lahan sehingga sulit untuk membangun ruangan dan asrama. Peluang, adanya dukungan dari yayasan untuk melengkapi sarana dan prasarana madrasah dan program program unggulan. Tantangan, lokasi yang kurang strategis membuat madrasah tidak terlihat oleh masyarakat awam. Kedua formulasi strategi, MI Istiqomah Sambas Purbalingga menerapkan strategi yang digunakan yaitu strategi kerja sama baik kerja sama dengan penyuplai, orang tua peserta didik maupun kerja sama dengan alumni. Strategi pencitraan, melalui perbaikan bangunan, meningkatkan prestasi madrasah, dan ekstrakurikuler. Strategi promosi, MI Sambas Purbalingga menggunakan media sosial sebagai media promosi penerimaan peserta didik baru, tidak hanya media sosial MI Sambas juga menggunakan Banner dan di letak di berbagai titik di kabupaten Purbalingga. Jargon 3M murah, mutu, dan massal juga bentuk promosi dari MI Sambas. Ketiga implementasi, untuk alur pendaftaran yaitu pendaftaran, verifikasi berkas dan observasi peserta didik baru, pengumuman, dan daftra ulang. Ada nilai tambahan jika calonpeserta didik memiliki kerabat yang ada di MI Sambas tersebut. Keempat evaluasi dan pengendalian, dilakukan oleh seluruh panitia PPDB. Kata Kunci: Manajemen Strategik, Penerimaan Peserta Didik Baru, MI Istiqomah Sambas Purbalingga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategik, Penerimaan Peserta Didik Baru, MI Istiqomah Sambas Purbalingga
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Adelia Safna Sabrina
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:24
Last Modified: 20 Oct 2023 01:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21917

Actions (login required)

View Item View Item