PENGARUH LABELISASI HALAL, HARGA, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG MIXUE PURWOKERTO (STUDI KASUS PELANGGAN GENERASI Z MIXUE PURWOKERTO)

Naelul, Muna (2023) PENGARUH LABELISASI HALAL, HARGA, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG MIXUE PURWOKERTO (STUDI KASUS PELANGGAN GENERASI Z MIXUE PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Naelul Muna Listianto_Pengaruh Labelisasi Halal, Har.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Generasi Z saat ini banyak yang tertarik dengan perkembangan bisnis Food and Beverage yang menawarkan berbagai inovasi dan keunikan, salah satunya adalah produk es krim. Banyak pelaku usaha menawarkan bisnis es krim karena permintaan pasar yang relatif banyak, salah satunya yaitu produk Mixue. Mixue merupakan salah satu jenis brand es krim dari China sejak tahun 1997. Di wilayah Purwokerto terdapat 15 gerai Mixue yang tersebar sejak tahun 2021. Rata-rata jumlah pengunjung Mixue Purwokerto setiap hari mencapai 200-300 pengunjung. Hal itu peneliti tertarik untuk meneliti mengenai minat beli ulang produk Mixue. Minat beli ulang bisa dijadikan sebagai pembanding tentang seberapa puas konsumen dengan produk Mixue yang dibuat oleh perusahaan sehingga konsumen tertarik untuk datang dan membeli kembali. Minat beli ulang muncul karena dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu labelisasi halal, harga, dan variasi produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah labelisasi halal, harga, dan variasi produk berpengaruh terhadap minat beli ulang Mixue Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Generasi Z Mixue Purwokerto. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner kepada 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dan dihitung menggunakan Rumus Lemeshow. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode Regresi Linear Berganda dengan alat bantu SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa labelisasi halal, harga, dan variasi produk baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang Mixue Purwokerto. Saran dari peneliti bagi perusahaan Mixue berusaha tetap mempertahankan labelisasi halal, dapat konsisten dalam memberikan harga yang terjangkau, dan dapat menambah variasi produk agar dapat meningkatkan minat beli ulang Mixue Purwokerto. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini seperti variabel produk toyyiban, promosi, dan lain-lain sehingga menghasilkan penelitian yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Labelisasi Halal, Harga, Variasi Produk, Minat Beli Ulang
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Naelul Muna Listianto sdri
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:56
Last Modified: 19 Oct 2023 06:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21909

Actions (login required)

View Item View Item