ANALISIS AKAD IJARAH DAN DENDA KETERLAMBATAN PADA JASA PENYEWAAN ALAT CAMPING DENGAN SISTEM PERTRIP (Studi Kasus di Rental Nyikal Scoutware, Cilongok, Banyumas)

Zukhrufin, Zukhrufin (2023) ANALISIS AKAD IJARAH DAN DENDA KETERLAMBATAN PADA JASA PENYEWAAN ALAT CAMPING DENGAN SISTEM PERTRIP (Studi Kasus di Rental Nyikal Scoutware, Cilongok, Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Zukhrufin (1917301082)_Skripsi Lengkap.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Rental Nyikal Scoutware Cilongok, Banyumas, adalah salah satu penyedia jasa sewa menyewa peralatan camping dengan sistem pertrip dan sistem perhari. Banyaknya wanprestasi pada beberapa orang, akhirnya memberlakukan denda keterlambatan dengan skema sistem pertrip dengan denda 100% dari harga sewa dan berlaku kelipatan, untuk keterlambatan sistem perhari hanya dikenakan denda keterlambatan 50% dari harga sewa. Denda keterlambatan yang berbeda antara sistem pertrip dan perhari padahal barang sewaan yang sama dan denda keterlamabatan satu hari pada sistem pertrip lebih tinggi dibandingkan dengan harga sewa perhari. Bagaimana praktik penyewaan alat camping dengan sistem pertrip ? Dan bagaimana analisis akad Ijārah serta denda keterlambatan pada penyewaan alat camping dengan sistem pertrip yang terdapat Rental Nyikal Scoutware Cilongok, Banyumas ?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research) yang menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif. Sumber Data berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data berupa Wawancara, dokumentasi dan observasi. Tehnik analisis data berupa, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa, akad yang diterapkan didalam Rental Nyikal Scoutware Cilongok, Banyumas dan pihak penyewa adalah beberapa sudah seseuai dengan rukun dan syarat akad Ijārah. Rukun yang sudah sesuai antara lain, ‘aqid (pihak-pihak yang berakad), shighat (ijab dan kabul), ujrah, manfaat atau objek sewa. Sedangkan syarat yang sudah sesuai diantaranya syarat terjadinya akad (syūruṭ al-‘iniqād), syarat berlangsungnya akad (syūruṭ an-nafāż), maqud ‘alaih tetapi pada bagian syarat sah akad (syūruṭ an-ṣihah) belum sesuai karena akad perjanjian yang dilakukan di Rental Nyikal Scoytware termasuk dalam akad yang fasid yaitu: Penyerahan yang menimbulkan kerugian, Syarat-syarat fasid, dan Riba. Akad Ijārah dan ganti rugi yang diterapkan didalam Rental Nyikal Scoutware dan pihak penyewa adalah belum sah karena belum sesuai dengan ketentuan ganti rugi tentang kerugian rill pada denda keterlambatan dan pada syarat sah akad Ijārah. Kata Kunci : Hukum Islam, ijārah, Alat camping, Pertrip

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, Akad Ijarah, Denda, Ganti Rugi, Alat Camping, Pertrip
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.23 Perjanjian (Perburuhan, Tanah, Wadiah Kafalah)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: ZUKHRUFIN ZUKHRUFIN sdr
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:53
Last Modified: 19 Oct 2023 03:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21899

Actions (login required)

View Item View Item