INTERNALISASI ADAB SANTRI TERHADAP USTADZ DALAM PEMBELAJARAN KITAB ADAB AL-' ALIM WA AL-MUTA'ALLIM DI PONDOK PESANTREN MODERN EL FIRA PURWOKERTO

RIZAL SYAHRI, MUBAROCK (2023) INTERNALISASI ADAB SANTRI TERHADAP USTADZ DALAM PEMBELAJARAN KITAB ADAB AL-' ALIM WA AL-MUTA'ALLIM DI PONDOK PESANTREN MODERN EL FIRA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN. Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Rizal Syahri M FIKS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di zaman modern ini banyak sekali santri yang sudah mengkaji kitab akhlak tapi nyatanya masih banyak yang belum bisa mengamalkannya, fenomenanya seperti halnya ustadz ketika sedang menjelaskan di depan atau sedang berbicara banyak santri yang masih asik mengobrol sendiri. Padahal pada kitab adab sudah disebutkan bahwa ketika ustadz sedang menjelaskan kita sebagai santri harus mendengarkan dan pantang membantah atau menunjukan sikap yang tidak menyenangkan. Maka dari itu, persoalan utama yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana relasi sesorang yang sekolahnya hanya di pondok pesantren akan berbeda dengan seseorang yang sekolah di luar pondok pesantren. Tujuan peneliatan ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaiamana internalisasi adab santri terhadap ustadz dalam pembelajaran kitab adab al‟alim wa al-muta‟allim di pondok pesantren modern El Fira 3 Purwokerto. Penulisaln skripsi ini menggunalkaln pendekaltaln kualitaltif deskriptif dengan jenis penelitialn lalpalngaln (field resealrch). Untuk subjek penelitian ini adalah Usatdz dan Santri di Pondok Pesantren. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yakni, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa internalisalsi aldalb salntri terhaldalp ustaldz di pondok pesalntren modern El Firal Purwokerto telalh dilalksalnalkaln dengaln balik, ditandai dengan respon positif sesuai hasil yang diharapkan yang sudah di bahas pada bab sebelumnya, dan sesuai dengan pembelajaran yang ada di kitab Adabul Alim Wal Muta‟allim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Adab, Santri dan Ustadz, Kitab Adab al‟-Alim Wa alMuta‟Allim
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.07 Pendidikan, Penelitian Aqaid dan ilmu kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizal Syahri Mubarock sdr
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:51
Last Modified: 19 Oct 2023 03:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21897

Actions (login required)

View Item View Item