ANALISIS MOTIVASI DAN AKTUALISASI DIRI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO

Marlina, Ghaniy (2023) ANALISIS MOTIVASI DAN AKTUALISASI DIRI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Marlina Ghaniy_Analisis Motivasi dan Aktualisasi Diri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto - Copy.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberadaan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purokwerto dapat menjadi salah satu pilihan calon mahasiswa dalam melanjutkan jenjang pendidikannya. Pembahasan utama dalam penelitian ini adalah tentang motivasi dan aktualisasi diri mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang dipilih adalah deksriptif. Sumber data penelitian ini adalah Mahasiswa dan Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto yang didapat melalui prosedur Snowball Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dalam program studi Pendidikan Bahasa Arab memiliki dua jenis motivasi, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik yang dimiliki oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab yakni background pendidikan yang telah ditempuh sebelumnya sudah familiar dengan bahasa Arab, minat dari diri sendiri untuk mempelajari bahasa Arab, berkeinginan menjadi dosen bahasa Arab maupun penerjemah. Kemudian motivasi ekstrinsiknya yaitu termotivasi dari teman, saran dan profesi orang tua sebagai guru. Berikutnya aktualisasi diri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di dalam kelas, yakni menjadi penanggung jawab pada suatu mata kuliah, bersungguh-sungguh dalam menjalani perkuliahan dan juga lebih memberanikan diri dalam berdiskusi di dalam kelas, Mahasiswa juga membuat target dan berdiskusi dengan teman. Kemudian aktualisasi diri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di luar kelas. Yakni mengikuti HMPS PBA (Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab), EASA (English Arabic Students Association), KTS (Komunitas Tahta Syajarah) dan ITHLA (Itihadut Thalabah Al-Lughah Al-Arabiyyah). Selain mengikuti organisasi, mahasiswa Prodi PBA juga melakukan praktik mengajar di dalam pondok pesantren maupun lembaga pendidikan lainnya. Terakhir, mahasiswa juga mengikuti seminar, webinar maupun pelatihan yang berkaitan dengan peningkatan bahasa Arab yang diadakan di dalam maupun di luar kampus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Aktualisasi Diri, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Marlina Ghaniy sdri
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:22
Last Modified: 18 Oct 2023 04:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21883

Actions (login required)

View Item View Item