PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POCKET BOOK BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA

Amanah, Nurani Solikhah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POCKET BOOK BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Amanah Nurani Solikhah_Pengembangan Media Pembelajaran Pocket Book Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kroya. Berdasarkan hasil tes pendahuluan yang peneliti lakukan terkait tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa, diperoleh rata-rata nilai tes pendahuluan sebesar 43,5 yang dapat diartikan tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa masih rendah. Salah satu faktor eksternal yang mempengarui tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa adalah media pembelajaran yang digunakan. Hal tersebut diperkuat dengan hasil wawancara dengan guru matematika kelas VIII yang peneliti lakukan pada saat observasi pendahuluan bahwa media pembelajaran yang digunakan hanya buku paket dan LKS saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pocket book berbasis android yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kroya yang berjumlah 256 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik simpel random sampling. Didapatkan sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII-A yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain dan Uji t menggunakan program SPSS Versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran pocket book berbasis android dinyatakan valid dan layak digunakan dengan hasil persentase pada validasi ahli materi sebesar 95%, ahli media sebesar 95%, penilaian guru sebesar 93,75%, penilaian uji coba kelompok kecil sebesar 88,13% dan penilaian uji lapangan sebesar 86,13%. Media pembelajaran pocket book berbasis android juga dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dilihat dari hasil uji t Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman matematis kelas eksperimen berbeda dengan nilai rata-rata kemampuan pemahaman matematis kelas kontrol. Karena hasil rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,85 lebih tinggi daripada nilai N-Gain kelas kontrol yang hanya sebesar 0,63 maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pocket book berbasis android efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII pada materi barisan dan deret aritmatika di SMP Negeri 1 Kroya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis, Media Pembelajaran, dan Pocket Book Berbasis Android
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Amanah Nurani Solikhah sdri
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:19
Last Modified: 17 Oct 2023 04:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21863

Actions (login required)

View Item View Item