PENGARUH PENGETAHUAN, PERSEPSI, PROMOSI DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH (STUDI MASYARAKAT KOTA PURWOKERTO)

Farkhatul, Lutviyati (2023) PENGARUH PENGETAHUAN, PERSEPSI, PROMOSI DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH (STUDI MASYARAKAT KOTA PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Farkhatul Lutviyati_Pengaruh Pengetahuan, Persepsi, Promosi dan Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Masyarakat Kota Purwokerto).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bank syariah adalah sebuah lembaga keuangan yang secara operasional berbeda dengan bank konvensional. Sebagai pendatang baru, konsep bank syariah mengalami situasi yang sulit karena masyarakat lebih dulu mengenal bank konvensional sehingga tidak banyak masyarakat yang paham tentang bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, persepsi, promosi dan religiusitas masyarakat terhadap minat menjadi nasabah bank syariah pada masyarakat Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode kuantutatif dengan penentuan sampel menggunakan teknik simple radom sampling dengan jumlah 400 responden. Sumber data penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner. Sedangkan data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen yang meliputi pengetahuan, persepsi, promosi dan religiusitas, serta variabel dependen tentang minat masyarakat menjadi nasabah bank syariah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah bank syariah. Variabel persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah bank syariah. Variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarkat menjadi nasabah bank syariah. Variabel religusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah bank syariah. Sehingga variabel pengetahuan, persepi, promosi dan religiusitas berpengaruh secara simultan terhadap minat masyarakat Kota Purwokerto menjadi nasabah bank syariah. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan bisa menambahkan variabel lain seperti variabel risiko terhadap minat menjadi nasabah bank syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Persepsi, Promosi, Religiusitas dan Minat
Subjects: 200 Religion > 204 Special topics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Farkhatul Lutviyati sdri
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:30
Last Modified: 16 Oct 2023 06:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21861

Actions (login required)

View Item View Item