IMPLEMENTASI PENDIDIKAN CINTA LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM SEDEKAH SAMPAH DI MTs MUHAMMADIYAH PATIKRAJA BANYUMAS

Nur, Tunggal Putri (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN CINTA LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM SEDEKAH SAMPAH DI MTs MUHAMMADIYAH PATIKRAJA BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
Nur Tunggal Putri_ Implementasi Pendidikan Cinta Lingkungan Melalui Program Sedekah Sampah Di MTs Muhammadiyah Patikraja Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari implementasi pendidikan cinta lingkungan melalui program sedekah sampah adalah untuk menumbuhkan jiwa kepedulian peserta didik terhadap lingkungan khususnya lingkungan madrasah. Selain itu sebagai bentuk pengalaman dari Al-Qur'an dan hadis. Implementasi pendidikan cinta lingkungan melalui program sedekah sampah sangat cocok diterapkan di lembaga formal. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan secara utuh mengenai implementasi pendidikan cinta lingkungan melalui program sedekah sampah di MTs Muhammadiyah Patikraja Banyumas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Prosedur yang dilakukan untuk mengumpulkan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa implementasi pendidikan cinta lingkungan dilakukan melalui program sedekah sampah yang dilaksanakan pada setiap hari Jum'at. Dalam kegiatan program sedekah sampah ini terdapat nilai karakter yaitu cinta terhadap lingkungan dan gemar untuk bersedekah. Guru memberikan motivasi kepada siswa terkait lingkungan dan limbah sampah yang sulit terurai. Implementasi pendidikan cinta lingkungan melalui program sedekah sampah dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu: 1. Sosialisasi, 2. pelaksanaan kegiatan sedekah sampah, 3. evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN CINTA LINGKUNGAN, PROGRAM SEDEKAH SAMPAH
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Tunggal Putri
Date Deposited: 16 Oct 2023 01:17
Last Modified: 16 Oct 2023 01:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21850

Actions (login required)

View Item View Item