IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN MARKET DAY DI MTs MUHAMMADIYAH PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

Dini, Agustin (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN MARKET DAY DI MTs MUHAMMADIYAH PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DINI AGUSTIN_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN MARKET DAY DI MTs MUHAMMADIYAH PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS-1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam kegiatan market day di MTs Muhammadiyah Patikraja, dan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan market day di MTs Muhammadiyah Patikraja. Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam kegiatan market day d MTs Muhammadiyah Patikraja. Metode ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara yang mendalam dan dokumentasi. Informan penelitian adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, dan guru penanggungjawab kegiatan market day serta beberapa siswa yang bertugas dalam kegiatan market day. Dari hasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa Implementasi pendidikan karakter dalam kegiatan market day ini dilaksanakan rutin setiap satu minggu sekali pada hari rabu, dalam kegiatan ini terdapat pendidikan karakter di dalamnya. Penanaman nilai karakter dalam kegiatan ini dilakukan dengan beberapa strategi, antara lain pemberian pengarahan, dan pembiasaan diri. Pemberian pengarahan ini dapat berupa arahan kecil, kemudian pembiasaan diri dalam kegiatan ini membiasakan siswanya untuk mencerminkan karakter yang baik. Dapat dilihat melalui beberapa tahapan pelaksanaan yang pertama pada tahap eksplorasi, dari tahap eksplorasi peserta didik muncul sikap rasa ingin tahu, yang kedua pada tahap perencanaan dari tahap perencanaan ini muncul sikap kreatif pada peserta didik, yang ketiga tahap produksi dalam tahapan ini peserta didik ditugaskan membawa hasil produksi minimal satu produk dalam hal ini muncul sikap tanggungjawab peserta didik, yang terakhir adalah tahap penjualan, pada tahap penjualan peserta didik muncul sikap percaya diri yaitu percaya diri dengan apa yang mereka jual, kerja keras yaitu usaha mereka menarik perhatian pembeli, mandiri yaitu mereka menjualkan sendiri tidak dibantu oleh guru, jujur dalam kegiatan transaksi yaitu mereka memberikan uang sesuai dengan harga yang mereka beli. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Market day

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Market day
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dini Agustin
Date Deposited: 14 Oct 2023 02:09
Last Modified: 14 Oct 2023 02:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21844

Actions (login required)

View Item View Item