PENGARUH KEPERCAYAAN, KOMITMEN, DAN MUTUAL BENEFIT TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS NASABAH BSI KCP. KARANG KOBAR PURWOKERTO)

Frinda, Atmika (2023) PENGARUH KEPERCAYAAN, KOMITMEN, DAN MUTUAL BENEFIT TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS NASABAH BSI KCP. KARANG KOBAR PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Frinda Atmika_Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, dan Mutual Benefit Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Nasabah BSI KCP. Karang Kobar Purwokerto).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Semakin berkembangnya perbankan syariah di Indonesia maka persiangan di dunia perbankan cukup ketat. Untuk dapat mempertahankan usahanya di era sekarang yang terdapat persaingan ketat pada dunia bisnis, suatu perusahaan dapat mengetahui kunci keunggulan bisnis yaitu mempertahankan atau meningkatkan loyalitas pelanggan. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, komitmen, dan mutual benefit terhadap loyalitas nasabah dengan mediasi kepuasan nasabah BSI KCP. Karang Kobar Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner (angket) dengan menggunakan skala pengukuran yaitu skala likert. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Untuk menganalisis data penulis menggunakan alat bantu SPSS versi 25. Teknik analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji path analysis. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel kepercayaan, komitmen dan mutual benefit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Variabel kepercayaan dan mutual benefit berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah. Variabel komitmen dan kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Dan variabel kepuasan nasabah tidak mampu memediasi pada variable komitmen dan mutual benefit terhadap loyalitas nasabah. Saran untuk penelitian selanjutnya, dengan menambah variabel lain seperti, variabel kualitas pelayanan, keamanan, dan minat pada penelitian selanjutnya. Dan juga memperluas objek penelitian agar mendapat hasil yang beragam. Kata kunci: Kepercayaan, Komitmen, Mutual Benefit, Loyalitas, Kepuasan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Komitmen, Mutual Benefit, Loyalitas, Kepuasan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Frinda Atmika sdri
Date Deposited: 16 Oct 2023 01:20
Last Modified: 16 Oct 2023 01:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21843

Actions (login required)

View Item View Item