EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PERKEMBANGAN USAHA PEDAGANG KAKI LIMA PASCA PANDEMI COVID-19 ( Studi Kasus Usaha Makanan Pedagang Kaki Lima Paguyuban Nunab)

Melliana, Lestari (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PERKEMBANGAN USAHA PEDAGANG KAKI LIMA PASCA PANDEMI COVID-19 ( Studi Kasus Usaha Makanan Pedagang Kaki Lima Paguyuban Nunab). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Melliana Lestari_EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PERKEMBANGAN USAHA PEDAGANG KAKI LIMA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dengan semakin berkembangnya zaman ditambah adanya pandemi membuat segala kegiatan banyak dilakukan menggunakan media sosial, begitupun dalam hal berniaga, tidak terkecuali para pedagang kaki lima yang juga memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya. Salah satunnya adalah para pedagang makanan kaki lima yang tergabung di Paguyuban Nunab alun-alun Banyumas kota lama. Media sosial diyakini oleh para pedagang kaki lima efektif digunakan untuk mengembangkan usahanya. Akan tetapi meskipun telah sama-sama menggunakan media sosial dalam mengembangkan usahanya, beberapa pkl yang tergabung dalam Paguyuban Nunab ada juga yang tidak mengalami kemajuan dalam usahanya Dengan demikian, masalah umum yang dikemukakan dalam penelitian ini ialah bagaimana efektivitas dari penggunaan media sosial dalam perkembangan usaha pedagang makanan kaki lima Paguyuban Nunab? Berdasarkan tujuannya penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi terus terang atau tersamar, wawancara terstruktur dengan ketua paguyuban,dan para pedagang makanan kaki lima, serta dokumentasi sebagai pelengkapnya. Kemudian dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk pemeriksaan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media sosial efektif digunakan untuk membantu mengembangkan usaha pedagang makanan kaki lima di Paguyuban Nunab pasca pandemi covid. Adapun media yang banyak digunakan pedagang makanan kaki lima di Paguyuban Nunab adalah jenis aplikasi media sosial berbagi jaringan sosial, serta aplikasi berbagi foto, sedangkan jenis pengembangan usaha yang digunakan ialah jenis pengembangan usaha secara horizontal yaitu dengan menguatkan usaha lama Kata kunci: Efektifitas,Media Sosial,Pengembangan Usaha, Pedagang Kaki Lima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas,Media Sosial,Pengembangan Usaha, Pedagang Kaki Lima
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Melliana Lestari sdri
Date Deposited: 13 Oct 2023 04:03
Last Modified: 13 Oct 2023 04:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21841

Actions (login required)

View Item View Item