Reres, Agustin (2023) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN WORD OF MOUTH (WOM) DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG OBJEK WISATA MUSEUM WAYANG BANYUMAS PERSPEKTIF MARKETING SYARIAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Reres Agustin_Efektivitas Strategi Pemasaran Word Of Mouth (WoM) Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Objek Wisata Museum Wayang Banyumas Perspektif Marketing Syariah.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Museum Wayang Banyumas adalah jenis wisata budaya dan edukasi. Fungsi dan peran dari museum ini guna menyimpan dan merawat benda-benda peninggalan warisan budaya yang memiliki nilai sejarah, yang nantinya dapat dijadikan sarana menambah wawasan pengetahuan akan nilai-nilai budaya Indonesia, khususnya wayang. Strategi pemasaran objek wisata museum ini menerapkan strategi Word of Mouth (WoM) atau pemasaran mulut ke mulut. Dalam implementasi strategi mengandalkan interaksi antar audiens untuk membicarakan dan merekomendasikan Museum Wayang Banyumas kepada masyarakat luas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas strategi pemasaran Word of Mouth (WoM) dalam meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke Museum Wayang Banyumas, yang dalam hal ini dilihat dari perspektif marketing syariah. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sesuai kondisi di lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan 3 (tiga) metode; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mendatangi langsung objek penelitian. Wawancara dilakukan kepada staff administrasi dan pemelihara museum, pihak dinas bidang kebudayaan yang menaungi museum, dan kepada pengunjung. Dokumentasi kegiatan strategi pemasaran museum dengan mengumpulkan bukti-bukti dari data yang telah terkumpul. Teknik analisis data penulisan menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, untuk teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan program-program dari strategi pemasaran Word of Mouth (WoM) di Museum Wayang Banyumas efektif diterapkan dalam meningkatkan jumlah pengunjungnya. Hal tersebut dapat dilihat dari tercapainya indikator dari efektivitas; keberhasilan program, keberhasilan sasaran, kepuasan terhadap program, kesesuaian input dan output, dan pencapaian tujuan secara menyeluruh. Hal itu pun sudah sesuai dengan perspektif marketing syariah yang meliputi; Rabbaniyah, Akhlaqiyyah, al-Waqi’iyyah, dan al-Insaniyyah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Strategi, Pemasaran Word of Mouth (WoM), Jumlah Pengunjung, Marketing Syariah |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.8 Perpustakaan dan Museum 300 Social sciences > 302 Social interaction 300 Social sciences > 330 Economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Reres Agustin |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 07:47 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 07:47 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |