ANALISIS STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI HOME INDUSTRY PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS PERAJIN GEDEG DI DESA BANJARAN, KECAMATAN BOJONGSARI, KABUPATEN PURBALINGGA)

Fasatakhul Nur, Hani (2023) ANALISIS STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI HOME INDUSTRY PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS PERAJIN GEDEG DI DESA BANJARAN, KECAMATAN BOJONGSARI, KABUPATEN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FASATAKHUL NUR HANI_ANALISIS STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI HOME INDUSTRY PERSPEKTIF ES.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Adanya kemajuan akan perkembangan teknologi, kerajinan bambu sebagai industri rumahan saat ini rawan terancam keberadaannya. Kini dunia industri sudah mulai berkembang yang ditandai dengan adanya alat dan teknologi yang semakin canggih. Oleh sebab itu, penggunaan gedeg untuk mendirikan sebuah hunian sudah kurang diminati karena adanya ancaman produk pengganti seperti kalsiboard. Sehingga diperlukan strategi agar keberadaan akan kerajinan gedeg dan kerajinan bambu lainnya tetap bertahan. Kreativitas dan inovasi yang merupakan bagian dari diversifikasi produk itu sangat penting dalam menciptakan produk yang memiliki keunikan lebih dimana hal tersebut diharapkan mampu mengangkat kembali eksistensi dari home industry. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi perajin gedeg Desa Banjaran agar mampu mempertahankan home industry melalui diversifikasi produk perspektif ekonomi syariah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dengan mengamati secara langsung pada home industry dari perajin gedeg yang ada di Desa Banjaran, wawancara dilakukan kepada Pemerintah Desa Banjaran dan juga para perajin, serta dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data menggunakan koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diversifikasi produk yang diterapkan oleh perajin efektif diterapkan untuk mempertahankan eksistensi dari home industry. Hal tersebut didorong oleh beberapa faktor diantaranya faktor lokasi, harga, kualitas dan keragaman produk, kepuasan konsumen, dan loyalitas pelanggan serta sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah seperti tauhid, ‘adl, dan ta’awun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Diversifikasi Produk, Upaya Mempertahankan Eksistensi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fasatakhul Nur Hani sdri
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:50
Last Modified: 12 Oct 2023 07:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21835

Actions (login required)

View Item View Item